Delis: Kades ujung tombak keberhasilan pembangunan Morowali Utara

id Morut

Delis: Kades ujung tombak keberhasilan pembangunan Morowali Utara

Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi saat melantik kades Morowali Utara. ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut), Delis J. Hehi menegaskan bahwa keberhasilan kepala desa (kades) dalam memimpin serta membangun desa sangat menentukan keberhasilan pembangunan Morut secara menyeluruh. 

Hal ini disampaikan Bupati saat melantik 13 kades hasil Pilkades serentak Kabupaten Morowali Utara tahun 2022 masa bakti 2022-2028 di Gedung STQ Desa Lembontonara, Kecamatan Mori Utara, Selasa (30/8) 

Para kades yang dilantik merupakan kades terpilih di lima desa di Kecamatan Mori Atas dan 8 desa di Kecamatan Mori Utara. 

Ketiga belas Kades yang dilantik itu meliputi :

Kecamatan Mori Atas:
1. Desa Tomata, Merry Eimilas Wille, S.Pd, SD
2. Desa Londi, Marto Artawius Rabeta
3. Desa Gontara, Jhon Viktor Ranuntu
4. Desa Saemba, Yoksan Dundea
5. Desa Kasingoli, Karuniatal Pandibu 

Kecamatan Mori Utara
1. Desa Era, Ferdinan Moenggo S.Th, M.Pd 
2. Desa Peleru, Arman Amrullah 
3. Desa Mayumba, Yuyun
4. Desa Tamonjengi, Ratulangi Salonde
5. Desa Tiwa'a, Robert Ovan Podengge, S.Ap
6. Desa Lembontonara, Mohamad Sobirin S.A.P
7. Desa Wawondula, Aldeber Poendei 
8. Desa Tabarano, Elim Danto Laula

Pelantikan para kades tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Hj. Megawati Ambo Asa, Ketua TP PKK Morut Ny. Febriyanthi H. DJ. Hehi, Wakapolres Morut AKBP H. Amri, Kacabjari Kolonodale Andreas Atmaji SH, Ketua KPU Morut Yusri Ibrahim, SE, Asisten I Setda Morut Drs. Victor A Tamehi, beberapa pimpinan OPD serta undangan lainnya. 

Bupati Morut Delis J. Hehi minta para kades yang baru dilantik untuk bekerja ekstra dalam memimpin serta membangun desa terutama terkait penyaluran distribusi bantuan desa yang rencananya akan diberikan oleh Kementerian Desa untuk seluruh desa di Indonesia. 

"Menjadi seorang kades merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Karena dipundak bapak/ibu (kades) ada tanggung jawab yang besar dalam melayani masyarakat serta membangun desa yang kita cintai ini. Oleh karena itu, bekerjalah dengan tulus dan ikhlas dalam melayani masyarakat, dalam membangun desa dan tentu saja demi mewujudkan visi misi Kabupaten Morowali Utara yaitu mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera, tegasnya.

Pada akhir acara pelantikan kades itu diisi dengan penyerahan secara simbolis bantuan bahan bangunan untuk pembangunan Masjid Al-Muhajirin dan Musholla Ash-Sobirin yang berada di Desa Lembontonara.

Bantuan ini merupakan hasil pokok pikiran dari Ketua DPRD Morut Hj. Megawati Ambo Asa, yang disalurkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali Utara.