Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Wabup Morut buka kegiatan gerakan sikat gigi massal

id Morut

Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Wabup Morut buka kegiatan gerakan sikat gigi massal

Wakil Bupati Morut H. Djira K (kanan) menyampaikan sambutan dan turut dihadiri Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa (tengah), Ketua TP PKK Morut Febriyanthi H DJ Hehi (Kiri) pada pembukaan kegiatan gerakan sikat gigi massa dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN 2 Kolonodale, Senin (12/9/2022). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut tingkat Kabupaten Morowali Utara (Morut) dilaksanakan di SDN 2 Kolonodale, Kecamatan Petasia, Senin (12/9), yang ditandai dengan gerakan sikat gigi massal yang dibuka dan disaksikan oleh Wakil Bupati Morut H. Djira K.

Turut hadir pada peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut itu antara lain Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, Ketua TP PKK Morut Febriyanthi H DJ Hehi, Kadis Kesehatan Alno Berniat, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ridwan Dg Mallureng, serta para pejabat lainnya.

Rangkaian kegiatan gerakan sikat gigi massal secara nasional secara nasional terselenggara atas kerjasama beberapa pihak masing-masing Dinkes Morut, Dikbud, RSUD Kolonodale, UPT Puskesmas Kolonodale, Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) serta SDN 2, dengan mengusung tema "Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia"

Dalam sambutannya, Wabup Morut H. Djira K memberi apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan sikat gigi massal yang melibatkan beberapa pihak terkait, dan ia menggarisbawahi betapa pentingnya faktor kesehatan dalam kehidupan dan bermasyarakat.

"Dari seseorang yang sehat akan hadir generasi yang cerdas, dari generasi yang sehat akan lahir generasi yang tangguh," ujarnya.

Wabup juga menekankan betapa pentingnya sehat gigi dan mulut, bukan hanya sehat secara fisik tapi juga dalam bertutur kata.

"Mari kita maknai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut tidak saja secara fisik, tapi juga dalam bertutur kata secara positif dan sesuai etika," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Morut Alno Berniat mengemukakan gerakan sikat gigi massal ini dimaksudkan untuk mengedukasi anak-anak tentang betapa pentingnya kesehatan gigi.

"Kalau gigi sakit pasti akan mempengaruhi organ tubuh yang lain," katanya 

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK ibu Febriyanthi turun langsung memantau bahkan mengarahkan anak-anak tentang bagaimana cara melakukan sikat gigi yang benar.