UIN-Kemendikbudristek kelola prodi umum menuju akreditasi unggul

id UIN Palu,UIn Datokarama,Prof Abidin Djafar,Prodi Umum,Kemendikbud

UIN-Kemendikbudristek  kelola prodi umum menuju akreditasi unggul

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Abidin Dajar (kiri) bersama Rektor UIN Palu Sagaf S. Pettalongi (kanan). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibukristekrikti) untuk mengoptimalkan pengelolaan dan penyelenggaraan program studi umum pada perguruan tinggi tersebut, sebagai upaya menuju akreditasi unggul.



"Optimalisasi pengelolaan prodi umum diawali dengan pendampingan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah XVI," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu Abidin Djafar di Palu, Senin, terkait dengan pengembangan akademik.



Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI melakukan pendampingan prodi umum di UIN Palu sekaligus menyerahkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang penyelenggaraan prodi umum yang diterima oleh Rektor UIN Palu Sagaf S. Pettalongi.



Pendampingan yang dilakukan oleh LLDikti Wilayah XVI seiring dengan Kemendikbudristek telah menerbitkan keputusan penyelenggaraan program studi umum jenjang Strata 1 untuk UIN Palu meliputi prodi arsitektur, informatika, dan sistem informasi.



"Untuk prodi informasi diberi gelar gelar sarjana komunikasi(S.Kom), prodi arsitektur gelar sarjana arsitektur (S.Ars) dan prodi sistem informasi gelar sarjana (S.Si)," katanya.



Sebelumnya, UIN Palu mengusulkan pembukaan/penyelenggaraan lima prodi umum ke Kemendikbudristek. Sebanyak tiga prodi telah mendapat izin dari kementerian tersebut, sedangkan dua prodi yaitu kesehatan masyarakat dan psikologi masih dalam proses.



Ia mengatakan pembukaan prodi umum merupakan satu kebutuhan akademik dalam pengembangan mutu akademik, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Sulawesi Tengah.



Oleh karena itu, ujar dia, sesuai dengan rencana strategis UIN Palu, pada tahun 2023 akan mengusulkan lagi tiga prodi umum, meliputi bisnis digital, pendidikan kebencanaan, dan pertambangan.



"Gerak cepat dan tuntas atas pembukaan prodi tersebut di atas dibuka atas dasar aspirasi kebutuhan lokal, nasional, internasional dan semangat kesejajaran Provinsi Sulawesi Tengah dengan provinsi maju di Indonesia," katanya.



Dalam implementasi pembelajaran pada prodi umum, UIN Palu memadukan pendekatan sains dan agama, yang menjadi roh pendidikan tinggi keagamaan.



"Di sinilah letak perbedaan antara prodi umum pada perguruan tinggi umum, dengan prodi umum yang ada pada perguruan tinggi keagamaan. Karena itu, masyarakat jangan ragu, untuk memasukkan anaknya kuliah di prodi umum UIN Palu," ucapnya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022