Bupati Morut siapkan 10 sepeda motor untuk penyuluh pertanian

id Morut ,Bupati Morut

Bupati Morut siapkan 10 sepeda motor untuk penyuluh pertanian

Bupati Morut saat memberikan sambutan di Temu Teknis Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Morut di Desa Tiu, Kecamatan Petasia Barat, Senin (6/3). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Tiu, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut) Delis J. Hehi mengatakan bahwa tahun 2023 ini, pihaknya akan memberikan sepeda motor untuk para penyuluh pertanian guna meningkatkan mobilitas mereka dalam membimbing petani agar lebih produktif dan sejahtera.

"Anggarannya sudah ada dalam APBD untuk 10 sepeda motor, nanti APBD Perubahan saya tambah lagi," ujar Delis dalam Temu Teknis Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Morut di Desa Tiu, Kecamatan Petasia Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (6/3).

Selain memberi bantuan sepeda motor, Bupati Morut juga melakukan restrukturisasi di Dinas Pertanian dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) khusus untuk Penyuluh Pertanian sehingga para penyuluh bisa memiliki alokasi anggaran tersendiri baik dari kabupaten, provinsi maupun pusat.

Dengan demikian, pelaksanaan tugas penyuluh akan lebih efektif dan produktif untuk mendorong petani meningkatkan produksi yang akan berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan petani.

"Saya memberi perhatian khusus kepada para penyuluh pertanian dan perikanan ini karena saudara-saudara adalah ujung tombak di lapangan dalam mendorong perkembangan sektor pertanian mendukung pencapaian visi besar Morut yakni mewujudkan masyarakat Morut yang sehat, cerdas dan sejahtera," ujarnya.

Kepada seluruh masyarakat, khususnya yang bergerak di sektor pertanian, termasuk perikanan dan peternakan, agar memanfaatkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang dialokasikan setiap tahun sebanyak Rp300 juta per desa untuk menumbuhkan usaha sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Kepada jajaran Dinas Pertanian, Bupati Morut meminta agar semua perencanaan dan pelaksanaan program apapun di dinas ini agar selalu bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani dan pelaku usaha pertanian di desa-desa.