Wagub ajak Inkindo kolaborasi jawab tantangan pembangunan di Sulteng

id Wagub Sulteng ,Pemprov Sulteng ,Pembangunan Sulteng ,Sulawesi Tengah

Wagub ajak Inkindo kolaborasi jawab tantangan pembangunan di Sulteng

Wagub Sulteng Ma'mun Amir menyampaikan sambutan pada kegiatan Forum Anggota (Fora) dan Sarasehan Inkindo Sulteng 2024 di Palu, Sabtu (27/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma'mun Amir mengajak Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulawesi Tengah untuk melakukan kolaborasi berkelanjutan dalam menjawab tantangan pembangunan dan peluang, dengan provinsi ini sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).
 


"Kalau Inkindo ingin memberi saran dan masukan, bisa untuk ke perangkat daerah karena Provinsi Sulteng memiliki Kawasan Pangan Nusantara (KPN) dan industri perikanan halal untuk menyangga IKN," kata Ma'mun Amir pada kegiatan Forum Anggota (Fora) dan Sarasehan Inkindo Sulteng 2024 di Palu, Sabtu.


 


Ia mengatakan peran konsultan dalam pembangunan Provinsi Sulteng sangat krusial, apalagi dengan wilayah ini menjadi kawasan penyangga IKN.


 


Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung pada forum ini, yakni "Penguatan konsultan lokal untuk menunjang Sulteng sebagai provinsi penyangga IKN".


 


Dia menyampaikan bahwa Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sangat aktif memperjuangkan Peraturan Presiden Kawasan Penyangga IKN yang diyakini akan membawa banyak manfaat bagi Provinsi Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga terdekat.


 


Karena itu, dia mengajak anggota Inkindo untuk mengkonstruksi gagasan dan kolaborasi berkelanjutan dalam menjawab tantangan pembangunan dan peluang-peluang dari terbentuknya IKN.


 


“Semoga kerja sama yang bagus dengan Inkindo berjalan dengan baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi," ujarnya.


 


Sementara itu, Ketua DPP Inkindo Sulteng Syaiful Pagesa menilai cukup banyak potensi ekonomi yang bisa dibanggakan dengan kehadiran IKN dan melihat Sulawesi Tengah sebagai kawasan penyangga terdekat.


 


“Semoga dengan kegiatan ini, dapat menjelaskan apa-apa saja yang bisa dikerjakan di IKN,” harapnya.


 


Ia juga meminta dukungan pemerintah provinsi agar melindungi dan memberdayakan pengusaha-pengusaha lokal yang tergabung dalam Inkindo Sulteng.