KPU Kabupaten Sigi ajak anggota ppk menjaga moralitas dan komitmen pada pilkada

id Kpu Sigi ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Panitia Pemilihan Kecamatan ,PPK,Komisi Pemilihan Umum

KPU Kabupaten Sigi ajak anggota ppk menjaga moralitas dan komitmen pada pilkada

Ketua KPU Sigi Soleman saat membacakan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk bertugas dalam Pilkada 2024. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), mengajak anggota panitia pemilihan kecamatan (ppk) senantiasa menjaga moralitas, integritas dan komitmen dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
 
"Harapan kepada seluruh anggota ppk yang dilantik agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sesuai sumpah janji dan pakta integritas, serta melaksanakan tahapan sebagaimana sudah diatur dalam ketentuan yaitu menjaga moralitas, integritas dan komitmen," kata Ketua KPU Sigi Soleman usai pelantikan ppk untuk pemilihan Bupati Sigi, Kamis.
 
Dia mengemukakan pelantikan anggota ppk dilakukan di tiga tempat berbeda yaitu Kantor Camat Palolo, Kulawi dan KPU Sigi.
 
"Pelaksanaan pelantikan ini terbagi di tiga tempat berbeda yaitu untuk Kecamatan Palolo dan Nokilalaki dilaksanakan di Palolo, sementara kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu dan Pipikoro dilaksanakan di Kulawi dan untuk 9 Kecamatan lainnya itu diambil sumpahnya di kantor KPU Sigi," ucapnya.

Kata dia, total secara keseluruhan ppk yang dilantik untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi tahun 2024 sebanyak 75 orang.
 
"Jadi 10 orang dilantik di wilayah Palolo, 20 orang di Kulawi Raya dan 45 orang di kantor KPU Sigi," ujarnya.
 
Dia menuturkan dalam proses penjaringan panitia pemilihan kecamatan masih didominasi anggota PPK pada Pemilu 2024.
 
"Untuk ppk yang kami tetapkan ini ada anggota lama dan rekrutmen baru, jadi semuanya didasarkan pada hasil evaluasi dan proses seleksi tertulis maupun wawancara," sebut dia.
 
Menurut Soleman, beberapa dinamika ditemukan di lapangan yaitu mayoritas anggota ppk yang dilantik merupakan pernah bertugas saat Pemilu 2024.
 
"Jadi di setiap kecamatan anggota ppk saat pemilu 2024 masih kita anggap layak menjadi penyelenggara dalam pilkada mendatang," tuturnya.