Kemenperin gelar pameran industri olahraga guna dukung DBON

id Menperin, pemajuan industri, industri alat olahraga

Kemenperin gelar pameran industri olahraga guna dukung DBON

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka pameran ISAW 2024 di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar pameran industri olahraga nasional yang bertajuk Indonesia Sport and Active Wear (ISAW) 2024 yang berlangsung pada 31 Juli- 3 Agustus di Kantor Kemenperin, Jakarta guna mendukung pemajuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).
 
"Pameran ISAW 2024 ini merupakan wujud nyata peran Kemenperin untuk memacu pengembangan industri alat olahraga maupun industri pendukungnya. Acara ini adalah salah satu partisipasi Kemenperin guna mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang bertujuan untuk memperkuat dan memajukan sektor olahraga di tanah air," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu.


Menurut dia, acara yang digelar pihaknya berperan memajukan DBON dengan cara mengampanyekan produk buatan dalam negeri seperti baju, sepatu, dan alat olahraga yang terus berinovasi menghadirkan fitur unggulan yang nyaman.

"Saya berharap ke depan jenama pakaian, sepatu dan alat olahraga lokal dapat menjadi top of mind dalam benak konsumen, ketika memilih dan membeli produk olahraga," katanya.
 
Lebih lanjut, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menjelaskan, pameran yang digelar oleh pihaknya tersebut menghadirkan 26 jenama (brand) pakaian olahraga, lima jenama industri alat olahraga, serta lima jenama industri sepatu olahraga.
 
Dalam acara pameran ini juga Kemenperin mengadakan temu bisnis (business matching) antara produsen dan konsumen, dengan harapan bisa memacu penjualan, serta mengadakan kompetisi bola basket yang diselenggarakan pada 3 Agustus, dengan menyasar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Jabotabek.
 
Tujuan kegiatan Pameran ISAW adalah untuk membangun ekosistem industri pakaian, alas kaki, dan alat olahraga dengan memberikan wadah," katanya.
 
Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong tiga subsektor industri yakni pakaian olahraga, sepatu olahraga, dan alat olahraga untuk memanfaatkan tren gaya hidup sehat yang terus tumbuh guna memacu pemajuan.