KPU Donggala siapkan debat publik pilkada 2024 sebanyak tiga kali

id KPU Donggala ,Komisi Pemilihan Umum ,Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah ,Pilkada 2024,Debat publik

KPU Donggala siapkan debat publik pilkada 2024 sebanyak tiga kali

KPU Kabupaten Donggala melakukan rapat koordinasi terkait persiaan debat publik pertama pada Pilkada 2024, Rabu (23/10/2024). (ANTARA/Moh Salam)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah menyiapkan pelaksanaan debat publik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di daerah itu sebanyak tiga kali.
 


Ketua KPU Kabupaten Donggala Nurbia di Palu, Rabu, mengatakan debat publik untuk Kabupaten Donggala dilaksanakan di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. 


 


"Pemilihan lokasi debat ini juga sudah berkoordinasi dengan semua masing-masing tim Liaison Officer (LO) pasangan calon dan menyepakati hal itu sehingga pelaksanaan debat dua kali di Kota Palu dan satu kali di Kabupaten Donggala sudah disepakati bersama ditandai dengan penandatanganan berita acara rapat koordinasi," kata Nurbia.


 


Ia menuturkan pelaksanaan debat publik pertama dilaksanakan di Kota Palu pada tanggal 24 Oktober 2024 dengan tema Meningkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan kepada Masyarakat.


 


"Tentunya ada sejumlah pertimbangan pelaksanaan debat publik pilkada Kabupaten Donggala dilaksanakan di Kota Palu dan kami membatasi masing-masing paslon hanya masuk ke lokasi debat sebanyak 20 orang," ucapnya. 


 


Kata dia, alasan debat publik di Kota Palu disebabkan sarana prasarana dan gedung serta fasilitas lainnya cukup lengkap dan memadai.


 


"Gedung di Kabupaten Donggala tidak lengkap seperti di Kota Palu termasuk persoalan jaringan internet saat melakukan siaran langsung debat publik itu," sebutnya.


 


Ia memastikan lokasi dan tempat pelaksanaan debat publik itu dapat memberikan kenyamanan terhadap para pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Donggala pada Pilkada 2024.


 


"Paling penting dan utama itu adalah kenyamanan paslon saat debat publik tersebut, serta substansi debat publik ini agar semua visi misi paslon sampai kepada masyarakat Kabupaten Donggala," ujarnya 


 


KPU Donggala melibatkan 16 orang panelis dalam pelaksanaan debat publik Kabupaten Donggala pada Pilkada tahun 2024.


 


"Debat pertama 5 orang panelis, debat kedua ada 6 orang panelis dan debat ketiga sebanyak 5 panelis yang terlibat nantinya," sebutnya.


 


Nurbia menjelaskan pihaknya melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Donggala menyelenggarakan nonton bareng debat publik tersebut di masing-masing wilayah.


 


"Kami juga fasilitasi nonton bareng debat publik di masing-masing kecamatan dan ada kopi gratis sebanyak 50 cup bagi pendatang pertama," ujarnya.


 


Menurutnya dengan adanya nonton bareng itu ikut meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.


 


"Kopi itu dibeli oleh teman-teman PPK dari cafe atau warung kopi di sekitar lokasi nonton bareng dengan pembiayaan dari KPU Donggala," tuturnya. 


 


Diketahui debat publik kedua dilaksanakan di Kabupaten Donggala pada tanggal 7 November 2024 dengan tema "Memajukan dan Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan Nasional".


 


Selanjutnya debat terakhir berlokasi di Kota Palu dengan tema "Menyelesaikan Persoalan Daerah dan Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan" tanggal 14 November 2024.


 


Sebelumnya KPU Kabupaten Donggala sudah menetapkan lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024 yaitu nomor urut satu Rahmad M Arsyad dan Abd Rasyid, nomor urut dua Idham Pagaluma dan Abdul Aziz dan nomor urut tiga yaitu Vera Elena Laruni dan Taufik M Burhan. 


 


Kemudian untuk nomor urut empat paslon Widya Kastrena dan Arwin serta nomor urut lima yaitu Moh Yasin dan Syafiah.