16 negara daftar di TdCC Sulteng

id TdCC,ISSI,KOminfo

16 negara daftar di TdCC Sulteng

Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia Sulawesi Tengah, Hasan (kiri) bersama Kepala Sekretariat TdCC Muchsin Pakaya saat memaparkan teknis event internasional TdCC di Dinas KOminfo Sulteng, di Palu, Selasa. (Antarasulteng/Adha)

Dari 740 kilometer yang akan dilintasi pebalap, 40 persen diantaranya melintasi tanjakan
Palu (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 20 tim dari 16 negara telah mendaftar di panitia Lomba Balap Sepeda Internasional Tour de Central Celebes (TdCC) II 2018 yang berlangsung 14-18 Oktober 2018 di Sulawesi Tengah.
     
"Target kami hanya 15 tim untuk peserta internasional dan lima tim nasional. Ternyata sampai hari ini, tim internasional sudah mencapai 20 tim," kata Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia Sulawesi Tengah, Hasan di Palu, Selasa.

Hasan memaparkan perkembangan terkini persiapan teknis TdCC di hadapan panitia bidang informasi dan komunikasi dan perwakilan media massa di Dinas Kominfo Sulawesi Tengah, Selasa. 

Pertemuan itu dipimpin Koordinator Informasi dan Komunikasi TdCC 2018 Mohammad Nizam dihadiri Kepala Sekretariat Muchsin Pakaya dan sejumlah wartawan dari berbagai media.

Hasan mengatakan meningkatnya peserta dari TdCC 2017 pada tahun ini menunjukkan TdCC semakin mendapat repons positif dan tersebar luas ke berbagai penjuru negara.

"Sebelumnya hanya 10 tim peserta internasional sekarang yang mendaftar justru 20 tim. Ini akan diseleksi oleh Pengurus Besar Sport Sepeda Indonesia," katanya.

20 tim tersebut berasal dari 16 negara antara lain Jepang, Vietnam, Spanyol, Australia, Rusia bahkan Israel.

Hasan mengatakan para pembalap nantinya akan melintasi jalan trans Sulawesi sepanjang 740 kilometer yang dibagi dalam lima etape.

TdCC kali ini bertambah dua etape, dari tahun sebelumnya yang hanya tiga etape.

Etape pertama kata Hasan, akan dimulai dari Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai pada 14 Oktober 2018.

Etape pertama ini akan menempuh jarak sejauh 133 kilometer dengan titik berhenti di Bunta, Kabupaten Banggai.

Selanjutnya etape kedua star dari pusat wisata Pantai Pasir Putih Ampana, Tojo Unauna sampai di Kabupaten Poso dengan jarak tempuh 163 kilometer.

Pada etape akhir akan dilakukan dari Watatu, Kabupaten Donggala, perbatasan Sulawesi Barat dan finish di Kantor Gubernur di Kota Palu dengan jarak tempuh 127,7 kilometer.

"Dari 740 kilometer yang akan dilintasi pebalap, 40 persen diantaranya melintasi tanjakan," katanya.

Sebelumnya Ketua Pengarah Lomba Balap Sepeda Internasional T dCC II 2018 Hj Zalzulmida A Djanggola menekankan penyelenggaraan TdCC tahun ini harus lebih baik dibanding TdCC-I 2017.

Rencananya TdCC akan diluncurkan di Jakarta pada pertengahan Juli 2018 oleh Menteri Pariwisata bersamaan dengan sejumlah even pariwisata skala nasional yang akan digelar di Sulawesi Tengah.***