Luhut minta keringanan bea masuk produk baja Indonesia ke pemerintah China

id Luhut, ekspor baja, impor baja,Ciie,China,Tarif bea masuk baja ke china,Tarif bea masuk baja indonesia

Luhut minta keringanan bea masuk produk baja Indonesia ke pemerintah China

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA/HO - Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Pada pertemuan singkat sekitar tujuh menit itu saya sampaikan mengenai kondisi terakhir ekspor dari Indonesia. Tentu saya sampaikan juga meminta keringanan atau penghapusan kebijakan pemerintah China yang menerapkan tarif masuk untuk impor produk baj

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah China memberikan keringanan atau penghapusan bea masuk untuk impor produk baja asal Indonesia ke negeri Tirai Bambu.

Permintaan itu disampaikan langsung saat Luhut bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada pembukaan China International Import Expo (CIIE) di Shanghai, China, Selasa.

“Pada pertemuan singkat sekitar tujuh menit itu saya sampaikan mengenai kondisi terakhir ekspor dari Indonesia. Tentu saya sampaikan juga meminta keringanan atau penghapusan kebijakan pemerintah China yang menerapkan tarif masuk untuk impor produk baja dari Indonesia dan Presiden Xi mengatakan akan memperhatikan dan mempertimbangkan,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan itu, Luhut mengungkapkan bahwa Indonesia berharap dapat meningkatkan ekspor ke negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu.

Produk ekspor dari Indonesia yang dinilai bisa ditingkatkan antara lain buah-buahan tropis seperti nanas, sarang burung, hingga produk olahan kelapa sawit.

“Lalu ada olahan-olahan produk hilirisasi seperti nickel ore, tembaga, timah, bauksit dan banyak lagi. Presiden Xi tadi berjanji untuk meningkatkan investasi negaranya di bidang teknologi,” katanya.
Di lain pihak, Luhut menambahkan pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai perbaikan di bidang regulasi serta memberi kepastian untuk memudahkan para investor dalam proses investasi.

Dalam rangkaian kegiatan CIIE, Luhut didampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. CIIE merupakan bentuk usaha pemerintah China untuk mendukung liberalisasi perdagangan dan globalisasi ekonomi dan membuka pasar bagi dunia.

Pameran CIIE bertujuan menarik komunitas bisnis dan investasi Internasional di tengah perang dagang antara China dengan Amerika Serikat yang telah memperlambat pertumbuhan ekonomi dunia.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyempatkan melakukan pertemuan makan siang dengan beberapa pebisnis Amerika Serikat (AS) dan China. Pengusaha asal AS yang menjadi pemasok baja ke AS dari Indonesia menyampaikan permasalahan mereka bahwa produk baja yang mereka suplai dikenakan kebijakan tarif masuk sebesar 25 persen.

Menanggapi hal tersebut, Luhut berjanji akan membahas hal tersebut dengan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross yang akan datang ke Indonesia.

“Besok dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan Wilbur Ross, saya akan sampaikan hal ini dan minta kebijakan AS untuk memberi keringanan,” janjinya.

Luhut mengatakan kebijakan tarif bea masuk untuk baja ke China cukup memberatkan karena produk baja diproduksi di daerah terpencil di mana masyarakat kecil yang bekerja di sana yang akan merasakan dampaknya.

“Hanya Jepang, Korea Selatan dan Turki mendapat pengecualian tarif masuk ini. Kita kan negara berkembang tentu ini menyulitkan bagi Indonesia,” pungkas Menko Luhut.

Baca juga: Menko Kemaritiman Luhut dukung langkah Kepala BKPM hentikan ekspor nikel
Baca juga: Luhut pastikan sudah ada realisasi investasi UEA sebelum akhir 2019
Baca juga: Luhut: China-Korea pertimbangkan bangun pabrik karena larangan ekspor nikel