Muhktamar Alkhairaat Akan Dibuka Menag

id Suryadharma Ali, Mukhtamar Alkhairaat, Saggaf, Gani Jumat

Muhktamar Alkhairaat Akan Dibuka Menag

Menteri Agama Suryadharma Ali bersama Ketua Utama Alkhairaat, saat menghadiri kegiatan Alkhairaat di Palu beberapa waktu lalu (antara)

Muhktamar kali ini kemungkinannya tidak ada lagi perombakan struktur organisasi karena pada Muhktamar sebelumnya kelembagaan di organisasi keagamaan terbesar di Kawasan Timur Indonesia itu sudah dirombak.
Palu (antarasulteng.com) - Muhktamar Alkhairaat ke-10 dipastikan dibuka oleh Menteri Agama RI Suryadharmi Ali di Palu, pada 10 Fabruari 2014, kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Alkhairaat Jamaluddin Maridjang di Palu, Minggu.

Suryadharma Ali akan membuka Mukhtamar pada Senin (10/2) pagi karena Menag itu akan kembali lagi ke Jakarta sore harinya untuk mengikuti rapat kabinet.

"Secara teknis tidak ada lagi masalah, semua seksi sudah berjalan. Tinggal menunggu pelaksanaannya saja," katanya.

Dia mengatakan Muhktamar kali ini kemungkinannya tidak ada lagi perombakan struktur organisasi karena pada Muhktamar sebelumnya kelembagaan di organisasi keagamaan terbesar di Kawasan Timur Indonesia itu sudah dirombak.

"Sebelumnya sudah ada perombakan lembaga. Misalnya, majelis wanita Alkhairaat, majelis Pemuda Alkhairaat, majelis ekonomi Alkhairaat. Sekarang sudah digabung semua ke Badan Otonom," katanya.

Diantara Badan Otonom Alkhairaat saat ini adalah Wanita Islam Alkhairaat dan Himpunan Pemuda Alkhairaat. Lembaga ini juga memiliki struktur organisasi dari pusat sampai ke ranting di tingkat desa.

Jamaluddin mengatakan selain badan otonom, lembaga induk organisasi juga tidak akan mengalami perubahan karena sudah ditetapkan sebelumnya, seperti dewan pembina dan dewan ulama.

Dia mengatakan Peraturan Organisasi juga sudah banyak yang dilengkapi sehingga tidak terlalu banyak yang mengalami perubahan nanti.

Menurutnya, kemungkinan materi yang berlangsung lama adalah terkait dengan strategi pengembangan pendidikan Alkhairaat.

"Ada gagasan bagaimana kita menawarkan konsep "national carakter building/pembangunan karakter nasional yang selama ini sudah terbangun dari komunitas lokal," katanya.

Mukhtamar Alkhairaat kali ini juga dijadwalkan akan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan tokoh-tokoh politik nasional.

Mereka antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri.

Sementara tokoh politik adalah Prabowo Subianto dan Surya Paloh. Selain itu juga hadir 135 wilayah provinsi (Komisariat Wilayah) dan kabupaten/kota (Komisariat Daerah).***