KPU Sigi simulasikan pemungutan suara kenalkan cara pencoblosan

id anhar lasingki,tps,pilkada sigi,kpu sigi,pilkada sigi 2020

KPU Sigi  simulasikan pemungutan suara kenalkan cara pencoblosan

Anggota KPU Sigi Bidang Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anhar Lasingki. (ANTARA/HO-Humas KPU Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah segera melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, salah satu tujuannya untuk mengenalkan tata car pencoblosan kepada masyarakat di daerah itu.

"Iya, rencananya kami akan melaksanakan simulasi pada tanggal 26 November 2020," ucap Anggota KPU Sigi Bidang Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anhar Lasingki, di Sigi, Senin.

Anhar Lasingki mengemukakan, terdapat dua muatan penting dari simulasi itu, pertama mengenai tata cara pencoblosan atau penyaluran hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Kedua, berkaitan dengan sejauh mana penerapan standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di TPS, untuk menjadi bahan evaluasi dan penguatan sebelum tanggal 9 Desember 2020.

"Dua muatan tersebut menjadi fokus kami dalam pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara," sebut Anhar.

Anhar yang merupakan Mantan Ketua Ansor Kabupaten Sigi mengemukakan mengenai tata cara pemungutan di dalamnya terkandung beberapa mekanisme mulai dari pengaturan waktu kedatangan pemilih ke TPS. Kemudian, pengaturan warga/pemilih di TPS agar tidak terjadi kerumunan di TPS.

Setelah itu, mengarahkan warga untuk mengisi administrasi ketika berada di TPS sebelum menuju bilik suara yang telah disediakan.

Berkaitan dengan prokes cegah COVID-19, sebut dia, di dalamnya menyangkut dengan sistematika penerapan prokes di TPS, mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar.

"Jadi, kami ingin memastikan di titik mana warga/pemilih harus mencuci tangan sebelum masuk ke tempat transit TPS, kemudian dimana dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, pembagian sarung tangan, pengaturan tempat duduk warga/pemilih," ujarnya.

Bila ada masalah yang muncul dalam simulasi itu, sebut dia, akan dilakukan perbaikan atau ditindaklanjuti oleh KPU Sigi, agar dalam pelaksanaan pemungutan suara di 9 Desember, dua muatan tersebut berjalan dengan baik.