Wagub Sulteng: Investor agar berdayakan warga budidayakan udang vaname

id wagub sulteng,rusli palabbi,udang vaname,pemprov sulteng

Wagub Sulteng: Investor agar berdayakan warga budidayakan udang vaname

Wakil Gubernur Sulteng Rusli Palabbi melakukan kunjungan kerja di lokasi investasi PT Parigi Aquakultura Prima. Wagub bersama pihak terkait dan pihak perusahaan meninjau pembangunan kolam udang, di Parigi Moutong. (Dok Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)

Perusahaan agar mempekerjakan masyarakat Sulawesi Tengah terkait dengan pengelolaan, pengembangan dan pemanfaatan lahan untuk budidaya udang vaname
Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi mengatakan investor yang berinvestasi di wilayah Sulteng di bidang pengelolaan dan peningkatan udang vaname, agar melibatkan masyarakat lokal untuk budidaya komoditas tersebut.

"Perusahaan agar mempekerjakan masyarakat Sulawesi Tengah terkait dengan pengelolaan, pengembangan dan pemanfaatan lahan untuk budidaya udang vaname," ucap Rusli Palabbi, di Palu, Sabtu.

Rusli Palabbi telah meninjau beberapa lokasi investasi sektor kelautan dan perikanan khususnya  budidaya udang vaname, di Kabupaten Parigi Moutong, Tolitoli dan Kabupate Buol.

Di Kabupaten Parigi Moutong Rusli Palabbi telah meninjau sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi atas progres investasi budidaya udang vaname oleh PT Parigi Aquakultura Prima.

PT Parigi Aquakultura Prima saat ini telah memanfaatkan 40 hektare lahan untuk pembangunan 58 kolam udang vaname yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian, terletak di Desa Sejoli.

Wagub Sulteng memberikan apresiasi atas progres investasi  yang sudah membangun kolam. Ia berharap tambak udang semakin baik dan berkembang.

"Kehadiran PTParigi Aquakultura Prima memberikan manfaat positif bagi masyarakat," ujarnya.

Karena itu ia berharap perusahaan mempekerjakan masyarakat Sulawesi Tengah khususnya, masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Terkait pengembangan lahan, Wagub berharap lahan inti dan lahan masyarakat dapat berkolaborasi menjadi lahan plasma dengan pengelolaan yang baik.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi saat melakukan kunjungan dan monitoring di PT Esaputli Prakarsa Utama (EPU), Kabupaten Tolitoli berharap kepada perusahaan itu agar bisa membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja lokal di daerah tersebut.

"Perusahaan tersebut tentu saja akan menciptakan lapangan kerja baru, yang tentu saja membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak dan diharapkan penduduk sekitar menjadi prioritas," kata Wagub Rusli.

Wagub juga berharap perusahaan dapat meningkatkan produksi, kualitas, dan pengembangan udang vaname di Kabupaten Tolitoli.

"PT EPU dapat memproduksi udang vaname yang berkualitas, apalagi kebutuhan akan udang semakin meningkat," kata Rusli saat melakukan kunjungan kerja ke PT EPU di Kabupaten Tolitoli.




 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar