Gubernur minta Bupati Donggala segera salurkan dana stimulan

id gubernur sulteng,rusdi mastura,pemprov sulteng,bupati donggala,kasman lassa,Gubernur Sulteng minta Bupati Donggala salur

Gubernur minta Bupati Donggala segera salurkan dana stimulan

Gubernur Sulteng Rusdi Mastura (kiri) dan Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir (kanan) (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)

Dana stimulan untuk rumah rusak berat, ringan dan sedang itu sudah disalurkan kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota yang terdampak bencana, 28 September 2018, saya akan meminta tentang realisasi dana simulan dari pemerintah kabupaten dan kot
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura meminta Bupati Donggala Kasman Lassa segera menyalurkan dana stimulan untuk warga di Desa Loli Pesua, Loli Dondo dan Loli Tasiburi yang rumahnya rusak berat, sedang dan ringan terdampak gempa dan tsunami, 28 September 2018.

"Dana stimulan untuk rumah rusak berat, ringan dan sedang itu sudah disalurkan kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota yang terdampak bencana, 28 September 2018, saya akan meminta tentang realisasi dana simulan dari pemerintah kabupaten dan kota," ucap Gubernur Sulteng Rusdi Mastura, di Kota Palu, Selasa.

Baca juga: Fraksi NasDem Donggala inisiasi pembentukan pansus rehab-rekon

Permintaan Gubernur Sulteng Rusdi Mastura tertuang dalam surat Gubernur Sulteng nomor 360/526/Pusdatina tentang percepatan rehabilitasi dampak bencana alam di Padagimo, yang ditujukan untuk Bupati Donggala Kasman Lassa.

Surat Gubernur itu berisikan tentang empat poin penting. Pertama, sesuai dengan aspirasi masyarakat Desa Loli bersaudara bahwa yang terdampak belum menerima hak-haknya sebagai masyarakat terdampak bencana.

Kedua, aspirasi masyarakat Loli bersaudara tidak bersedia direlokasi, tetapi masyarakat mengharapkan diberikan dana stimulan rumah rusak.

Ketiga, bilamana dana stimulan masih tersedia di KAS daerah Kabupaten Donggala, kiranya dapat diberikan prioritas penyalurannya kepada masyarakat Loli bersaudara.

Keempat, segera dilakukan validasi data terpilah dan verifikasi secara faktual melalui fungsi lembaga masyarakat dan pemerintahan secara berjenjang.

Gubernur juga menyatakan kalau ada masyarakat yang betul-betul terdampak tetapi belum tertangani dan belum mendapat bantuan, maka Gubernur memastikan akan membantu warga penyintas tersebut.

"Pasti saya tangani dan bantu, percayalah tapi harus berdasarkan data yang akurat dan valid dari pemerintah desa, kabupaten/kota, kalau ada masyarakat yang terdampak belum mendapat bantuan, sementara yang bersangkutan terdampak saya akan bantu yakinlah itu janji saya," kata Gubernur.

Baca juga: Pemkab Donggala percepat realisasi stimulan guna pemulihan pascagempa