Wabup Morut harapkan Forum Genre ciptakan generasi yang tangguh dan berencana

id Morut

Wabup Morut harapkan Forum Genre ciptakan generasi yang tangguh dan berencana

Wakil Bupati Morut H. Djira K mengharapkan agar para remaja dan generasi muda pada umumnya mempersiapkan diri sedini mungkin agar menjadi generasi yang tangguh dan berencana. ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Wakil Bupati Morowali Utara (Morut) H. Djira K mengharapkan para remaja dan generasi muda pada umumnya untuk mempersiapkan diri sedini mungkin agar menjadi generasi yang tangguh dan berencana.

"Forum Genre ini sangat penting untuk mempersiapkan masa depan anak-anak kita," ujar Djira pada pembukaan Workshop Pendampingan Pelaksanaan Edukasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) pada Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Bina Keluarga Remaja (BKR), Pengukuhan Forum Genre dan Pemilihan Duta Genre Kabupaten Morowali Utara Tahun 2022, di Kolonodale, Kamis (29/9/2022).
.
Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Ruang Pola Kantor Bupati Morut, dengan para peserta merupakan utusan dari Duta Genre dari 10 kecamatan se-Morut, anggota forum Genre, PIK-R, dan anggota BKR.

Wabup Morut mengemukakan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat cepat dan membutuhkan kesadaran para remaja untuk memilah mana yang baik dan sebaliknya.

Sebagai contoh, ujar Djira, kalau dulu apa yang terjadi di Jakarta biasanya baru diketahui beberapa hari kemudian di daerah ini, begitu juga sebaliknya. Tetapi saat ini, apa yang terjadi hari ini langsung diketahui hari ini pula akibat perkembangan teknologi.

"Menghadapi perubahan globalisasi ini, kita harus siap mengantisipasinya karena kemajuan itu ada dampaknya dan ini yang harus dipahami," ujarnya.

Mengenai forum Genre ini, Djira menilainya sangat baik, sehingga ia mengharapkan para remaja harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang berencana dan siap menghadapi tantangan zaman.

Ia juga berharap agar generasi muda menjauhi narkoba (narkotika dan obat terlarang), seks bebas, serta hal-hal negatif lainnya.

"Forum ini harus mampu menyiapkan generasi muda yang tangguh dan bermanfaat untuk masa depannya," ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morut ini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Dinas P2KBP3AD Morut Moh. Syahdan Triansyah, melaporkan bahwa melalui workshop ini diberikan pemahaman kepada remaja tentang pentingnya menurunkan angka pernikahan anak melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP).

Tujuan lainnya adalah meningkatkan derajat kesehatan reproduksi remaja (KRR), mengembangkan citra positif program Genre melalui figur Duta Genre, serta meningkatkan promosi program Bangga Kencana di lingkungan remaja 

Syahdan menambahkan, Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba, terhindar dari seks bebas dan HIV/AIDS.

Pada kesempatan tersebut Wabup juga melantik pengurus Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Morowali Utara periode 2022-2024.

Acara tersebut turut disaksikan Kabid Pengembangan Pelatihan dan Penelitian Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng Ir. Kartini, M.Si, Kadis P2KBP3AD Morut Romelius Sapara, dan para pejabat lainnya.