Dinas Kominfo-RRI sinergi gencarkan sosialisasi pembangunan Bangkep

id dinas kominfo bangkep,pemkab bangkep,kadis kominfo bangkep,Ratnasari Turungku,LPP RRI Palu,M Yusri Darto

Dinas Kominfo-RRI sinergi gencarkan sosialisasi pembangunan Bangkep

Foto bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep Ratnasari Turungku dengan Kepala LPP RRI Palu M Yusri Darto, di Palu, Kamis (8/6/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Palu untuk menggencarkan sosialisasi mengenai kegiatan pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkep.

"Maksud kunjungan ini untuk membangun sinergi terkait dengan pengembangan sistem informasi dan komunikasi untuk menunjang publikasi menyangkut dengan kegiatan pembangunan daerah, serta promosi potensi sumber daya alam," kata Kepala Dinas Kominfo Banggai Kepulauan, Ratnasari Turungku, di Palu, Kamis.

Sinergi itu diawali dengan kunjungan silaturahim Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep ke LPP RRI di Palu. Dalam kunjungan itu, Ratna sapaan akrab Ratnasari Turungku disambut oleh Kepala LPP RRI Palu M Yusri Darto.

Pertemuan dua pihak tersebut membahas mengenai pengembangan komunikasi dan informasi berbasis radio berbasis digital yang dikelola oleh Dinas Kominfo Banggai Kepulauan.

Ratna menyebut bahwa Pemkab Bangkep memiliki sistem komunikasi dan informasi berbasis radio yang dikelola oleh Dinas Kominfo. Saat ini, keberadaan sarana kominfo dan informasi tersebut belum dioptimalkan oleh Kominfo Bangkep.

"Hal ini karena dalam operasional, Kominfo Bangkep berhadapan dengan beberapa tantangan, di antaranya berkaitan dengan izin operasional frekuensi radio, ketersediaan SDM dan sarana," ujarnya.

Oleh karenanya, Kominfo Bangkep membutuhkan dukungan dari LPP RRI di Palu untuk membantu pengembangan sumber daya pengelola radio, serta membantu publikasi kegiatan pembangunan dan potensi Bangkep.

"Hasil kunjungan ini akan segera kami laporkan kepada bapak Bupati Banggai Kepulauan," ujarnya.

Terkait hal itu Kepala LPP RRI Palu M Yusri Darto mengemukakan bahwa pihaknya siap membantu pengembangan sistem komunikasi dan informasi milik Pemerintah Kabupaten Bangkep yang dikelola oleh Dinas Kominfo.

LPP RRI, selain memiliki kekuatan penyebaran informasi dan komunikasi berbasis radio, juga memiliki platform media yang bertumpu pada kekuatan teks dan vidio, yang dapat menjangkau seluruh elemen dan komponen masyarakat di Tanah Air dan mancanegara.

Oleh karena itu, LPP RRI, kata dia, juga akan memberikan dukungan pengembangan kapasitas sumber daya manusia pengelola radio Pemerintah Bangkep.

Bahkan, ujar Yusri, pihaknya akan membantu mempromosikan seluruh potensi sumber daya alam utamanya sektor wisata Banggai Kepulauan ke tingkat nasional dan mancanegara, melalui berbagai platform media yang dimiliki oleh LPP RRI.
Silaturahim Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep Ratnasari Turungku ke Kepala LPP RRI Palu M Yusri Darto, di Palu, Kamis (8/6/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)