Kemenkominfo & Kearney kembangkan peta transformasi digital

id Kominfo,Kearney,Digitalisasi,Transformasi digital

Kemenkominfo & Kearney kembangkan peta transformasi digital

Ilustrasi cloud computing (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama perusahaan konsultan manajemen, Kearney, mengembangkan peta jalan transformasi digital untuk enam sektor: pertanian pendidikan, maritim, logistik, kesehatan, dan pariwisata.


Proyek kolaborasi itu bertujuan menyusun strategi peta jalan untuk proses transformasi digital Indonesia dengan menyoroti area-area penting yang menjadi fokus dan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh Kemenkominfo.

Setelah kolaborasi selama berbulan-bulan, Kominfo mempresentasikan hasil proyek tersebut dalam sebuah sesi sosialisasi yang dihadiri oleh para pejabat dari berbagai kementerian.



Peta jalan digital ini memberikan rencana komprehensif untuk masing-masing dari enam sektor, menyoroti tantangan dan peluang di setiap industri dan rekomendasi strategis tentang kebijakan, infrastruktur, dan inovasi. Beberapa inisiatif telah diimplementasikan di beberapa sektor.
 
Sebagai contoh, dalam sistem transformasi e-government, Kominfo mentransformasi 2.700 pusat data untuk 630 institusi pemerintah menjadi 10-20 Pusat Data Nasional (DCN).
 
Upaya pemerintah Indonesia mendigitalisasi layanan publiknya akan didukung oleh DCN ini, yang akan bertindak sebagai fasilitas manajemen data terpusat.
 
DCN Nasional akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengolahan dan penyimpanan data yang terus meningkat. Sebuah arsitektur jaringan akan menghubungkan mereka untuk memungkinkan berbagi dan pertukaran data tanpa batas antara entitas pemerintah pusat dan daerah.
 
Program Transformasi Sistem Pemerintahan Elektronik pemerintah, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, sangat bergantung pada pembangunan DCN Nasional ini.
 
Contoh lainnya adalah inisiatif baru untuk mempercepat transformasi digital di bidang pendidikan dengan membangun ekosistem digital melalui manajemen sekolah dan sistem manajemen pembelajaran.
 
Untuk industri pertanian, penerapan Ekosistem Pertanian Cerdas dan Pertanian Presisi yang Terintegrasi dengan memanfaatkan sensor tanah dan cuaca telah diperkenalkan untuk meningkatkan produktivitas.
 
"Peta jalan ini akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memprioritaskan upaya kami dan memastikan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami. Kominfo berkomitmen untuk mendorong transformasi digital Indonesia dan menjadi pemimpin ekonomi digital," ujar Rohit Sethi, Principal Kearney dalam siaran resmi yang diterima pada Rabu (5/7).
 
Keberhasilan peta jalan transformasi digital ini akan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin regional dalam bidang ekonomi digital.
 
Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Artinya, ekonomi digital yang pada tahun 2021 bernilai 70 miliar dolar diperkirakan akan mencapai 330 miliar dolar pada tahun 2030.