KPU Parimo: KPPS dirawat di Puskesmas telah terdaftar BPJS Kesehatan

id PPK, pemilu, TPS, KPU, Maskar, KPUparimo, sulteng,Kpps, pps,KPU

KPU Parimo: KPPS dirawat di Puskesmas telah terdaftar BPJS Kesehatan

Ilustrasi - Petugas Linmas saat sedang mengukir suhu tubuh pemilih sebelum masuk ke dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih, di salah satu TPS Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (9/12/2020). ANTARA/Moh Ridwan.

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah mengatakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sedang menjalani perawatan medis di Puskesmas telah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

 

"Saat ini kurang lebih 14 petugas KPPS sedang dirawat karena kelelahan," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Parigi Moutong Maskar di Parigi Moutong, Kamis.

 

Ia menjelaskan, hingga kini pihaknya terus memantau perkembangan dan melakukan langkah mitigasi guna menghindari hal-hal yang berisiko lainnya.

 

Selain itu, ia juga menginstruksikan jajaran di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan memastikan KPPS terlayani dengan baik di Puskesmas.

 

"Dengan terlindungi BPJS Kesehatan, maka mereka tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan," katanya.

 

Menurutnya, kondisi ini juga dipengaruhi oleh faktor cuaca ditambah ritme kerja yang sangat intensif mulai dari persiapan pemungutan hingga penghitungan surat suara baru selesai pada Kamis (red).

 

Ia berharap KPPS yang sedang dirawat dapat segera pulih kembali, supaya dapat berkumpul dengan keluarga dan kerabat setempat setelah selesai menjalankan tugas.

 

"Tentunya ini menjadi tanggung jawab kami. Badan ad hoc di bawah otoritas KPU Panitia Penyelenggara Kecamatan -PPK-, Panitia Pemungutan Suara PPS- telah terlindungi BPJS Kesehatan, dan kami berharap kondisi mereka bisa cepat pulih kembali," kata Maskar.