Komda Alkhairat Kabupaten Sigi salurkan zakat fitrah melalui Baznas

id Komda Alkhairat ,Salurkan zakat,Baznas Sigi ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi

Komda Alkhairat Kabupaten Sigi salurkan zakat fitrah melalui Baznas

Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Sigi Yahya A.Landua secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada Ketua Baznas Kabupaten Sigi Hadi Wijaya di Sigi, Jumat (29/3/2024). ANTARA/HO-Dokumentasi Komda Alkhairat

Palu (ANTARA) - Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyalurkan zakat fitrah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kabupaten setempat.
 
Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Sigi Yahya A.Landua di Sigi, Jumat, mengatakan zakat fitrah merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam pada bulan suci Ramadhan untuk ditunaikan.
 
"Bagi umat Muslim di bulan Ramadhan ini menjadi suatu kewajiban untuk membayar zakat fitrah," kata Yahya.
 
Karena itu, kata dia, Komda Alkhairaat membayarkan zakat melalui Baznas Sigi karena merupakan salah satu lembaga resmi yang diakui oleh negara.
 
Menurut dia, Komda Alkhairat Sigi membayar zakat dengan memilih beras terbaik yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Alkhairaat (BUMA), yakni beras organik Alkhairaat yang kembangkan oleh masyarakat Desa Walatana.
 
Yahya menyebut beras tersebut merupakan beras organik yang belum lama ini diluncurkan oleh Ketua Utama Alkhairaat di Desa Walatana oleh Habib Alwin bin Saggaf Aljufri.

Penyerahan zakat fitrah itu diberikan oleh Ketua Komda Alkhairaat secara langsung kepada ketua Baznas Kabupaten Sigi Hadi Wijaya.

"Jadi para pengurus Komda Alkhairaat Sigi membayar zakat fitrahnya ke Baznas Sigi dan hal ini juga tidak diragukan. Tentunya ini menjadi perhatian bagi masyarakat Sigi, untuk membayar zakat fitrahnya ke Baznas Sigi," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Sigi Hadi Wijaya, menyampaikan terima kasih kepada Ketua Komda Alkhairaat Sigi yang mempercayakan Baznas Sigi untuk mengelola zakat tersebut.
 
Ia mengatakan sebagai lembaga yang dibentuk oleh pemerintah, Baznas Sigi selalu berupaya membangun kepercayaan pada masyarakat agar zakat, Infak dan sedekahnya (ZIS), dapat disalurkan ke Baznas.
 
"Tentunya ini akan menjadi contoh bagi lembaga lainnya serta masyarakat agar membayar zakat ke Baznas Sigi," kata Hadi.