Pemkab Sigi bantu pembangunan rumah untuk korban banjir Palolo

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Wakil bupati Sigi ,Bantuan Rumah,Palolo,Kulawi Selatan,Sulteng,Bsnjir,Samuel,BPBD

Pemkab Sigi bantu pembangunan rumah untuk korban banjir Palolo

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (lima kanan) usai memberikan bantuan pembangunan rumah kepada masyarakat desa Sejahtera korban banjir bandang. ANTARA/HO-HUMAS PEMKAB Sigi.

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah  memberikan bantuan untuk pembangunan rumah kepada para korban bencana banjir di Desa Sejahtera Kecamatan Palolo.
 
"Bantuan ini merupakan program pembangunan rumah untuk korban banjir dari pemerintah daerah, masing-masing kepala keluarga menerima Rp50 juta," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi usai penyerahan buku rekening pembangunan rumah itu di Kantor desa Sejahtera, Rabu.

Samuel menjelaskan, penerima program bantuan rumah tersebut sebanyak 24 Kepala keluarga.
 
Bantuan itu dapat dimanfaatkan masyarakat untuk segera melakukan pembangunan kembali rumahnya pasca-rusak akibat banjir beberapa waktu lalu.
 
"Penerima bantuan ini agar segera bekerja melakukan pembangunan sehingga progresnya bisa dirasakan oleh masyarakat itu sendiri," katanya.
 
Proses pembangunan rumah itu sendiri nantinya secara bertahap dipantau oleh Dinas Permukiman dan Perumahan Kabupaten Sigi.
 
"Tentunya ini akan diawasi proses pembangunannya, jadi uang bantuan ini tidak boleh digunakan untuk membeli selain bahan bangunan," katanya.
 
Dia menambahkan, bantuan tersebut diterima langsung melalui rekening bank masyarakat penerima manfaat tanpa adanya potongan dari pemerintah daerah.
 
"Saya tegaskan untuk bantuan ini tidak ada pemotongan apapun," katanya.
 
Menurut dia, rumah yang dibangun oleh masyarakat harus layak huni, yaitu memiliki kamar tidur, toilet, dan dapur.
 
"Artinya pemerintah daerah memberikan modal awal masyarakat untuk membangun rumahnya sehingga menyusul lagi tahap berikutnya, harapannya beberapa bulan ke depan sudah jadi fisik rumahnya," kata Samuel.
 
Sebelumnya pemerintah daerah juga memberikan bantuan perbaikan rumah kepada 24 kepala keluarga di kecamatan Kulawi Selatan.
 
Bantuan di Kulawi Selatan itu merupakan untuk perbaikan kawasan permukiman kumuh dengan luas di bawah 10 hektare rumah tidak layak huni.
 
"Untuk bantuan perbaikan rumah di Kulawi Selatan masing-masing kepala keluarga sebesar Rp20 juta untuk merenovasi rumah," katanya.