LPP PALU dan Puskesmas Dolo beri pelayanan kesehatan bagi warga binaan

id LPP Palu,Pelayanan kesehatan ,Warga binaan pemasyarakatan ,Sulawesi Tengah

LPP PALU dan Puskesmas Dolo beri pelayanan kesehatan bagi warga binaan

Petugas LPP Palu dan Puskesmas Dolo memberikan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan di LPP Palu, Sabtu (8/6/2024). (ANTARA/HO-LPP Palu)

Palu (ANTARA) - Lapas Perempuan Kelas III Palu (LPP Palu), Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Puskesmas Dolo di Kabupaten Sigi dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan anak bawaan.
 
Kepala Lapas Perempuan Palu Nur Mustafidah di Palu, Sabtu, mengatakan pelayanan kesehatan ini merupakan komitmen LPP Palu dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.
 
"Kami bekerja sama dengan Puskesmas Dolo dalam memberikan pemeriksaan kesehatan guna memastikan kondisi kesehatan para warga binaan tetap terjaga dengan baik," katanya.
 
Ia mengatakan pada kesempatan ini, sebanyak 57 warga binaan mendapatkan pelayanan kesehatan, dan termasuk empat orang anak bawaan warga binaan.
 
Adapun pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan meliputi pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, dan konsultasi kesehatan fisik lainnya.

Kegiatan ini ditangani langsung oleh Tenaga Kesehatan Lapas Perempuan Palu, yakni dr Olvianne Soraya Santi bersama dua orang perawat Puskesmas Dolo.
 
"Termasuk empat orang anak bawaan warga binaan kami ikutkan untuk dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang, sekaligus pemberian vaksin agar terbentuk kekebalan tubuh pada anak untuk mencegah resiko terjadinya infeksi," ujarnya lagi.
 
Dari hasil pemeriksaan, kata dia, secara keseluruhan warga binaan maupun anak bawaan dalam kondisi baik dan terjaga kesehatannya.
 
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar mengapresiasi kegiatan ini dalam memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada WBP.
 
"Kami beberapa agar semangat ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi semua pihak," ujarnya.
 
Menurut Siregar, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk komitmen Lapas Perempuan Kelas III Palu dalam memenuhi hak untuk hidup sehat warga binaan selama menjalani masa pidananya di Lapas.