Pemkab Buol: Penguatan ketahanan pangan prioritas pembangunan 2021

id Pemkab Buol,Bupati Buol,Amirudin Rauf,Ketahanan pangan buol,pangan buol,apbd buol

Pemkab Buol: Penguatan ketahanan pangan prioritas pembangunan 2021

Bupati Buol Amirudin Rauf (ANTARA/HO-Ikbal)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, menyatakan penguatan pangan menjadi satu prioritas utama dalam penyelenggaraan pembangunan daerah tahun 2021, untuk menjamin ketersediaan dan mencegah terjadinya krisis pangan di masa pandemi COVID-19.

"Tema pembangunan Kabupaten Buol tahun 2021 mengalami perubahan yang bertujuan untuk pemulihan pembangunan daerah akibat dampak pandemi COVID-19," ungkap Bupati Buol, Amirudin Rauf, di Buol, Kamis, berkaitan dengan prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

Amirudin Rauf mengemukakan, prioritas pembangunan daerah tahun 2021 lebih difokuskan pada normalisasi perekonomian daerah, dan menjaga ketersediaan pangan, serta pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan.

Prioritas pembangunan itu, sebut dia, terangkum dalam tema “percepatan pemulihan ekonomi dan sosial melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan layanan publik serta penguatan ketahanan pangan”.

Prioritas pembangunan, sebut dia, telah disesuaikan dengan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD) tahun 2021 Kabupaten Buol, yang saat ini sedang dibahas oleh Pemkab Buol dan DPRD setempat.

Lewat pembahasan itu, sebut dia, kebijakan anggaran daerah di tahun 2021, diharapkan dapat mempercepat kemandirian daerah serta mampu mengimplementasikan substansi pokok dari sasaran reformasi di bidang pengelolaan keuangan daerah, yaitu terciptanya anggaran yang transparan, akuntabel, serta tercapainya anggaran daerah yang lebih proporsional, efisien dan efektif.

"Olehnya, saya menghimbau kepada para kepala OPD se-Kabupaten Buol dan seluruh penyelenggara pemerintahan daerah, agar pro-aktif dan mengambil langkah-langkah yang konkrit, dalam meyiapkan data-data terkait sebagai upaya untuk mempercepat proses penyusunan dan pembahasan rancangan APBD tahun anggaran 2021 untuk menjadi peraturan daerah," ungkap dia.

Bupati mengajak kepada segenap komponen untuk menatap ke depan lebih tegar, percaya diri, dan bekerja lebih keras lagi untuk mencapai cita-cita bersama.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar