Kecamatan Palu Selatan dapat penghargaan partisipasi meningkatkan PAD

id PBB, pad, kecamatan, palu Selatan, camat, Goenawan, Pemkotpalu, Sulteng

Kecamatan Palu Selatan dapat penghargaan partisipasi meningkatkan PAD

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Camat Palu Selatan, Goenawan (kanan) atas partisipasi meningkatkan PAD dari sektor pajak pada penyerahan daftar himpunan ketetapan pembayaran, surat pemberitahuan pajak terutang, PBB-P2 di Palu, Kamis (17/3/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu mendapat penghargaan atas partisipasi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
 
Penghargaan itu di serahkan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan diterima Camat Palu Selatan, Goenawan pada kegiatan penyerahan daftar himpunan ketetapan pembayaran, surat pemberitahuan pajak terutang, PBB-P2 di Palu, Kamis.
 
Menurut Gunawan, apresiasi yang diberikan wali kota sebagai bentuk penghargaan kepada pemerintah kecamatan dan masyarakat sebagai wajib pajak yang telah melaksanakan kewajiban itu tepat waktu.
 
"Ini juga tidak terlepas dari peranan berbagai pihak yang sudah mendukung pemerintah. Melalui penghargaan ini, saya berterima kasih kepada Pemerintah Kelurahan, Unit Pelaksana Teknis (UPT), terlebih warga Palu Selatan yang sudah menunjukkan itikad baik membayar pajak tepat waktu sebagai mana harapan Pemkot Palu," ujarnya.
 
Ia memaparkan Palu Selatan menjadi kecamatan di urutan kedua penyumbang terbesar PAD dari sektor pajak setelah Kecamatan Palu Timur, dan Kecamatan Mantikulore di urutan ketiga.
 
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Palu mencatat realisasi pendapatan pajak PBB  Rp2 miliar lebih dari target dibebankan Rp4,7 miliar tahun 2021.
 
"Dari target yang dibebankan itu, kami sudah memenuhi setengah jumlah, kami berupaya lebih optimal dalam memenuhi target tahun 2022," ucap Goenawan.
 
Guna mendorong peningkatan capaian PAD di sektor pajak, ia mengajak warga di kecamatan itu lebih bergairah membayar pajak tepat waktu karena dengan tertib bayar pajak adalah satu bentuk dukungan terhadap arah pembangunan daerah.
 
 "Kami berharap, tahun ini wajib pajak lebih antusias melaksanakan kewajiban mereka. Meningkatkan pendapatan daerah butuh kolaborasi semua pihak, olehnya sebagai warga yang baik maka tertib bayar pajak," demikian Goenawan.