Banjir setinggi satu meter landa Kelurahan Kilongan Permai di Banggai

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Antara

Banjir setinggi satu meter  landa Kelurahan Kilongan Permai di Banggai

Sejumlah warga dan tim penyelamatan BPBD Kabupaten Banggai berdiri di atas material tanah yang terbawa banjir dan menimbun rumah warga di Kelurahan Kilongan Permai Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Minggu (20/3). ANTARA/HO-BPBD Banggai

Palu (ANTARA) - Banjir melanda Kelurahan Kilongan Permai Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Minggu dengan tinggi muka air (TMA) sekitar satu meter.

"Curah hujan yang tinggi dari pukul 05.00 sampai 07.30 WITA mengakibatkan terjadinya banjir dengan TMA kurang lebih satu meter,"  kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Albar dihubungi di Palu, Minggu.

Ia menjelaskan, banjir juga membawa tanah dari pengurugan  lahan perumahan dan menerjang beberapa rumah warga yang terdampak.

Akibat peristiwa tersebut, lanjutnya, sedikitnya 25 jiwa terdampak dan telah menyelamatkan diri di tempat pengungsian. Selain itu sedikitnya lima unit rumah juga terdampak.

"Saat tim reaksi cepat BPBD Banggai terus melakukan pendataan korban jiwa dan infrastruktur yang terdampak banjir tersebut. Saat ini warga yang terdampak membutuhkan batuan sembako dan perlengkapan untuk memasak," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Provinsi Sulteng Andi Sembiring mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Jangan sampai lengah agar tidak ada korban jiwa," katanya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022