Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga di Soho, Banggai

id tanah longsor banggai,tanah longsor,bencana alam

Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga di Soho,  Banggai

Tanah longsor menyebabkan rumah warga rusak di Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (21/5/2022). (ANTARA/HO-BPBD Provinsi Sulteng)

Palu (ANTARA) - Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga di Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu.

"Putusnya jaringan pipa induk Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Banggai yang melintasi jalur Batu Tikar-Mangkio mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan berdampak pada pemukiman warga Kelurahan Soho," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiring saat dihubungi dari Kota Palu.

Menurut dia, dua keluarga yang terdiri atas tujuh orang, termasuk dua anak, harus mengungsi karena rumah mereka terkena longsoran tanah.

BPBD Provinsi Sulawesi Tengah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Banggai dalam mendata dampak tanah longsor di Kelurahan Soho.

"BPBD masih terus melakukan pendataan sarana prasarana, infrastruktur, maupun rumah warga yang terdampak tanah longsor," kata Andi.

Selain itu, ia melanjutkan, BPBD membuat saluran agar air yang bocor dari pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tidak memperparah tanah longsor dan tidak menimbulkan genangan.

Menurut Andi, PDAM Kabupaten Banggai sedang memperbaiki jaringan pipa air yang rusak.

Dia mengimbau warga Kelurahan Soho yang tinggal di sekitar lokasi tanah longsor tetap waspada.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022