Bangkep prioritaskan pemenuhan kebutuhan warga terhadap pangan

id pemenuhan pangan warga,pemkab bangkep,bupati bangkep,ihsan basir,pangan murah

Bangkep prioritaskan pemenuhan kebutuhan warga terhadap pangan

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada warga di Banggai Kepulauan. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bangkep)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, memprioritaskan pemenuhan kebutuhan warga terhadap pangan, utamanya warga ekonomi menengah ke bawah, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

"Pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat adalah prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan," ujar Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dihubungi dari Palu, Senin.

Pemkab Bangkep bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional dan Perum Bulog menyiapkan 355,86 ton beras untuk masyarakat miskin sebanyak 11.862 keluarga di Banggai Kepulauan. Dengan alokasi ketersediaan beras tersebut, maka setiap keluarga mendapat 30 kilogram.

"Pengadaan beras dengan jumlah tersebut bersumber dari APBN yang melekat pada Badan Pangan Nasional," ungkap Ihsan Basir.

Selain melalui APBN dalam memenuhi kebutuhan warga terhadap pangan, kata Bupati, pihaknya juga mengintervensi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp700 juta.

Alokasi anggaran APBD tersebut, kata dia, melekat pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai Kepulauan, yang diperuntukkan untuk mengintervensi pemenuhan kebutuhan pangan 1.132 keluarga. Berdasarkan data Pemkab Bangkep bahwa setiap keluarga akan menerima bantuan pangan berupa minyak goreng lima liter, gula pasir lima kilogram, beras 10 kilogram, ubi Banggai dua kilogram, talas tiga kilogram dan telur satu rak.

Bupati mengemukakan bahwa bantuan pangan tersebut saat ini sedang dalam proses penyaluran kepada masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat. 

"Iya sedang dalam proses penyaluran ke masyarakat bantuan pangan yang telah disiapkan," ungkapnya.

Penyaluran bantuan pangan tersebut telah dimulai pada tanggal 14 Juni 2023 di Desa Bongganan Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Bupati berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif sehari - sehari.

"Pemerintah terus berupaya hadir dan menyelesaikan problem yang dihadapi oleh masyarakat, salah satunya mengenai kebutuhan pangan," ujarnya.