Sekdaprov harapkan FKTT ciptakan "zero accident" di lingkungan tambang

id Sekdaprov Sulteng ,Pemprov Sulteng ,FKTT,Sulawesi Tengah ,Pertambangan

Sekdaprov harapkan FKTT ciptakan "zero accident" di lingkungan tambang

Seluruh pengurus FKTT Sulteng bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina (tengah) berfoto bersama usai pelantikan di Hotel Best Western Palu, Jumat (21/7/2023). ANTARA/HO-Regina

Palu (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Novalina berharap Forum Kepala Teknik Tambang (FKTT) Sulteng dapat menciptakan zero accident atau kecelakaan nihil dalam lingkungan pertambangan di wilayah itu.
 
"Kami mengharapkan Forum Kepala Teknik Tambang dapat menciptakan suasana nol kecelakaan kerja dalam lingkungan tambang," kata Novalina saat menghadiri pelantikan pengurus FKTT di Hotel Best Western, Kota Palu, Jumat.
 
Ia mengatakan bahwa FKTT diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan pertambangan.
 
Dalam kesempatan itu, Novalina menitipkan beberapa isu krusial di lingkungan pertambangan agar menjadi perhatian oleh FKTT, seperti isu pemberdayaan ekonomi lokal, masalah kelestarian lingkungan hidup.
 
Selain itu, masalah layanan pendidikan dan kesehatan, serta isu kekerasan perempuan dan anak dalam dunia pertambangan.
 
Menurut dia, hal ini dikarenakan FKTT merupakan sosok yang bertanggung jawab serta sangat mengetahui situasi di lokasi pertambangan.
 
"Kepala teknik tambang adalah sosok yang bertanggung jawab, dan paling dekat dengan segala sesuatu yang sifatnya teknis di suatu lokasi pertambangan, sehingga tau persis permasalahan-permasalahan sosial yang timbul akibat dari aktivitas pertambangan," tuturnya.
 
Sementara itu, Ketua FKTT Sulteng Samsudin Badudu mengatakan forum tersebut hadir dari kegelisahan para kepala teknik tambang akan maraknya kasus kecelakaan kerja di lingkungan tambang.
 
"Forum ini terbentuk akibat kegelisahan kami akan maraknya kasus kecelakaan kerja di lokasi tambang. Untuk itu kami bertemu dan berkumpul sehingga terbentuk forum ini," katanya.
 
Ia mengatakan dengan terbentuknya forum tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja serta mengawal isu - isu lainnya di lingkungan pertambangan.