Pemprov-Sulteng terima penghargaan RAN PE 2024 dari BNPT

id Pemprov Sulteng ,Penghargaan RAN PE 2024,BNPT,Sulawesi Tengah,RAN PE,Terorisme

Pemprov-Sulteng terima penghargaan RAN PE 2024 dari BNPT

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulteng Arfan (kiri) didampingi Kepala Bidang Kewaspadaan Andi Musdalifah (kanan) saat menerima penghargaan RAN PE 2024 di Jakarta, Senin (19/8/2024). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng.

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menerima penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE) Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme 2020-2024, dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
 
"Penganugerahan RAN PE Award 2024 ini menjadi pengakuan nasional atas komitmen dan langkah konkret Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam pencegahan radikalisme dan ekstremisme," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulteng Arfan dalam keterangannya yang diterima di Palu, Senin.
 
Dia menjelaskan, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Rycko Amelza Dahniel kepada Kepala Badan Kesbangpol Arfan di Jakarta, Senin (19/8).
 
Pemprov Sulteng menerima penghargaan RAN PE Awards dengan kategori program inovatif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan RAN PE.
 
Arfan menyebutkan, penghargaan ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antar-seluruh pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah.
 
Menurut dia, sinergisitas, kolaborasi serta koordinasi dari seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan terkait menjadi kunci dalam mencegah penyebaran paham radikalisme dan ekstremisme, khususnya di Provinsi Sulteng.

"Pemprov Sulteng terus mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat upaya pencegahan ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemberian RAN PE Awards 2024 itu merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan kontribusi seluruh pemangku kepentingan yang secara konsisten melakukan berbagai upaya dalam mencegah dan menanggulangi ekstremisme dan terorisme di Indonesia.
 
“Saya harap pemberian penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk memberikan upaya terbaik dalam mencegah dan menanggulangi ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di negara yang kita cintai," katanya.
 
Ia mendorong fokus implementasi RAN PE diarahkan kepada pelaksanaan program/kegiatan yang berdampak langsung dan nyata di masyarakat.
 
Wapres juga meminta pemerintah daerah untuk berperan lebih aktif dalam melaksanakan aksi RAN PE.