Kontingen Sulteng telah kantongi 15 medali pada PON Aceh-Sumut

id Kontingen Sulteng ,Perolehan medali Kontingen Sulteng ,PON Aceh-Sumut ,PON 2024,Sulawesi Tengah

Kontingen Sulteng telah kantongi 15 medali pada PON Aceh-Sumut

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto berfoto bersama dengan Azzahra Permatahani, peraih medali emas pertama bagi Provinsi Sulteng di Medan, Minggu (15/9/2024). (ANTARA/HO-Satgas Kontingen PON Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kontingen Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sampai pada 16 September 2024, telah mengantongi 15 medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.
 
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Palu, Senin, menyampaikan apresiasi terhadap seluruh atlet yang telah dan sedang berjuang untuk mewujudkan program Sulteng Emas.
 
"Salam hangat untuk kalian yang sudah berusaha keras mewujudkan impian Sulteng Emas. Perolehan medali ini adalah bukti bahwa atlet Sulteng bisa bersaing dengan atlet profesional dari daerah lainnya," katanya.
 
Ia mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih para atlet Sulteng dalam ajang PON 2024 ini. Untuk itu, Gubernur mengaku optimistis Provinsi Sulteng mampu meraih medali - medali lainnya dalam cabang olahraga yang sedang dipertandingkan.
 
Perolehan medali Kontingen Provinsi Sulteng hingga Senin (16/9) terdiri atas satu medali emas, tiga perak, dan 11 perunggu. Medali emas pertama Sulteng diraih dari cabang renang nomor 400 meter gaya ganti putri.
 
Kemudian, tiga medali perak dari cabang renang nomor 200 meter gaya punggung putri, renang perairan terbuka putra nomor 10.000 meter dan taekwondo kategori freestyle putri.
 
Sementara itu, 11 medali perunggu dari olahraga Muaythai nomor 48 kilogram putra, tenis meja beregu putri, sepak takraw kuadran putri, dayung rowing kelas Quadruple sculls (M4X) dan Eight (M8+).
 
Selanjutnya, perunggu dari cabang olahraga renang nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra dan putri, cabang poomsae recoqnized individual putra, poomsae recoqnized tunggal putri, dan poomsae recoqnized team putra, serta cabang atletik ari nomor 10.000 meter putra.
 
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto mengatakan dengan perolehan medali ini, pihaknya optimistis Sulteng mampu mengukir prestasi baru pada PON 2024.
 
"Tidak ada kata lelah untuk berjuang. Para atlet kita adalah petarung Tadulako. Berikan yang terbaik," ujarnya.
 
Menurut dia, para atlet Sulteng telah memberikan yang terbaik di berbagai cabang olahraga dan telah mengharumkan nama daerah dengan perolehan medali ini.

Pada PON 2021 di Papua, Sulteng berada di peringkat 29 dengan satu emas, lima perak dan enam perunggu.