KPU Sigi jadwalkan dua kali debat pasangan calon pada awal November

id Komisi Pemilihan Umum ,KPU Sigi ,Kabupaten Sigi ,Pilkada,Sulawesi Tengah

KPU Sigi jadwalkan dua kali debat pasangan calon pada awal November

Empat pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Sigi saat mengambil undian nomor urut di kantor KPU Kabupaten Sigi, Desa Maku, Kecamatan Dolo, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menjadwalkan dua kali pelaksanaan debat pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah 2024 pada awal November mendatang.

"Rencana kami debat publik dilaksanakan pada tanggal 2 dan 10 November," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Sigi Suandi Tamrin Bilatullah di Dolo, Selasa.

Ia mengatakan dalam waktu dekat melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pasangan calon dan tim penghubung (liaison officer/LO) masing-masing pasangan calon untuk menyampaikan jadwal, tempat dan materi debat pilkada itu.

"Untuk jadwal akan kami sampaikan setelah kami sepakati dan tetapkan," ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman menjelaskan debat kandidat merupakan salah satu bagian dari tahapan kampanye Pilkada 2024.

"Saat ini KPU Kabupaten Sigi sedang proses menyelesaikan penyusunan tim panelis dan pakar yang akan terlibat dalam penyusunan materi debat, termasuk penetapan soal waktu pelaksanaan debat tersebut," kata Soleman.

Dalam ketentuan yang berlaku, pelaksanaan debat pada  tahapan kampanye Pilkada 2024 maksimal tiga kali.

"Kami juga sedang menyelesaikan penetapan soal waktu pelaksanaan debat yang nantinya kami sampaikan kepada pasangan calon berkaitan dengan tempat, waktu dan materi debat. Insyaallah dalam debat kita akan laksanakan sesuai ketentuan paling banyak tiga kali," ujarnya.

KPU Kabupaten Sigi pun membatasi jumlah pendukung masing-masing pasangan calon untuk hadir dalam arena debat pilkada tersebut.

"Untuk pembatasan penonton debat di lokasi akan kami lakukan karena ini berkaitan dengan kondisi gedung tempat debat. Tentunya dalam waktu dekat kami segera tentukan dan tetapkan jumlah serta batasan pendukung itu," tuturnya.

Pilkada Kabupaten Sigi 2024 diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu nomor urut 1 Moh Rizal Injtenae-Samuel Yansen Pongi, nomor urut 2 Agus Lamakarate-Semuel Riga, nomor urut 3 Nirwansyah Parampasi-Hesty Yulita, dan nomor urut 4 Husen Habibu-Ajub Willem Darawia.

Tahapan kampanye Pilkada 2024 berlangsung sejak tanggal 25 September hingga 23 November. Dilanjutkan pemungutan suara pada 27 November.