Wakil I DPRD Palu ambil sumpah masa jabatan 2024-2029

id DPRD,Palu

Wakil I DPRD Palu ambil sumpah masa jabatan 2024-2029

Pemberian ucapan selamat kepada Wakil I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Muhlis U Aca usai pengambilan sumpah masa jabatan 2024-2029 pada rapat paripurna, di Ruang Sidang Utama, Senin (21/10/2024). ANTARA/ (Kristina Natalia)

Palu (ANTARA) - Wakil I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Muhlis U Aca mengambil sumpah masa jabatan 2024-2029 pada rapat paripurna, di Ruang Sidang Utama, Senin.

“Pengucapan sumpah bagi pimpinan DPRD Kota Palu merupakan bagian akhir anggota DPRD Palu yang ditunjuk oleh partai politik untuk menduduki jabatan," jelas Pimpinan Sidang Rico A.T Djanggola.

Dia mengatakan pengambilan sumpah penting dilakukan sebagai salah satu prosedur untuk memberikan legitimasi dan keabsahan untuk melakukan beragam wewenang, kewajiban dan hak yang dalam suatu organisasi.

“Kegiatan tersebut memiliki arti bagi kelembagaan dewan karena semua jumlah pimpinan DPRD Kota Palu lengkap yang mewakili perolehan kursi dan suara terbanyak hasil pemilihan umum tahun 2024,” terangnya.

Sebelum pengucapan sumpah, pimpinan rapat telah menjalankan beberapa rangkaian yakni mengusulkan calon yang berasal dari Partai Golkar sebagai pemilik kursi dan suara terbanyak kedua dengan jumlah 23.436 suara hasil Pemilu 2024.

“Nama Muhlis U Aca dikeluarkan sesuai dengan keputusan gubernur Nomor 100.1.4.2/474/RO.PEMOTDA-G.ST/2024 tentang peresmian wakil ketua DPRD Palu masa jabatan 2024-2029,” sebutnya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Palu Muchsin Husein Pakaya berharap DPRD bisa melahirkan produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang Kota Palu.

"Diharapkan DPRD bisa melaksanakan pengawasan yang responsif terhadap kebutuhan rakyat dan memastikan alokasi anggaran yang mampu mendorong kesejahteraan masyarakat," tutup Muchsin.