ACT bikin program Ramadhan bagi korban bencana di Sulteng

id ACT,Sulteng,Ramadan,Korban bencana

ACT bikin program Ramadhan bagi korban bencana di Sulteng

Relawan ACT Sulteng mengadakan jumpa pers dengan sejumlah awak media di Kantor ACT Cabang Sulteng di Kota Palu, Rabu (24/4). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program kemanusiaan Marhaban Ya Dermawan selama  bulan Ramadhan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Program kemanusiaan khusus selama bulan Ramadan itu diluncurkan Kepala Cabang ACT Sulawesi Tengah Nurmarjani Luolembah di Kantor ACT Sulteng, Rabu.

"Program ini akan kita khususkan bagi korban bencana 28 September 2018 di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala yang telah menghuni huntara (hunian sementara)," ucap Nurmarjani.

Terutama kata dia bagi pengungsi yang telah menghuni 13 'Integrated Community Shelter (ICS)" dan dan "Family shelter" yang dibangun ACT dari donatur para dermawan yang tersebar di tuga daerah terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi.

"Bantuan yang kita berikan akan memenuhi kebutuhan sandang dan papan pengungsi. Cukup untuk mereka bisa beristirahat dengan nyaman dan mereka dapat menikmati lezatnya makan sahur, berbuka puasa dan makan malam di bulan Ramadan seperti kita,"ucapnya.

Bagi anak-anak dia mengatakan bantuan yang akan diberikan ditambah dengan keperluan sekolah seperti alat tulis, seragam sekolah maupun sepatu.

"Akhir Ramadan nanti bertepatan dengan tahun ajaran baru. Olehnya anak-anak korban bencana yang masih sekolah akan kita berikan mulai alat tulis sampai seragam sekolahnya,"katanya.

Nurmajani mengataka bantuan program Marhaban Ya Dermawan tersebut akan disalurkan secara bertahap mulai dari awal hingga akhir bulan Ramadan.

Olehnya dia mengajak para dermawan dari dalam maupun luar negeri tidak terkecuali di Sulteng yang ingin berkontrubusi membantu korban bencana di Sulteng agar dapat menyalurkan bantuannya melalui program Marhaban Ya Dermawan ACT.

"Bagi dermawan yang ingin membantu dapat kami fasilitasi melalui program Marhaban Ya Ramadan ini. Program ini serentak di seluruh cabang ACT di Indonesia. Namun untuk Sulteng program ini kita utamakan bagi korban bencana,"ucapnya.