KUB Sipakalewang Juara Lomba Gempita Regional IV

id gempita

KUB Sipakalewang Juara Lomba Gempita Regional IV

KUB Sipakalewang Sulsel (kelompok A) saat tampil bersama KUB Cikanos Sultra (B) dan KUB Mentari Jaya Sulteng (C) pada lomba Gempita di PPI Donggala, Sulteng, Kamis (13/11) (antarasulteng.com/rolex malaha)

Lomba Gempita memberikan manfaat besar dalam motivasi penyuluh dan KUB dalam miningkatkan skala usaha dan pengorganisasian kelompok mereka, kata Rini.
Palu (antarasulteng.com) - Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan Sipakalewang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan, keluar sebagai Juara I lomba Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Kelautan dan Perikanan (Gempita) Regional IV Sulawesi.

Mereka mengumpulkan nilai tertinggi mengungguli tiga peserta lainnya yakni KUB Cikanos Food, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan KUB Mentari Jaya Bungku, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada lomba Gempita yang digelar di PPI Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (13/11).

Kepala Bidang Penyelenggara Penyuluhan Pusat Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) Untung Prasetyono, A.Pi, MM mengemukakan bahwa KUB Sipakalewang akan mewakili Region IV Sulawesi untuk berlomba di tingkat nasional menghadapi juara I lainny dari lima region se-Indonesia pada Desember 2014.

KUB Sipakalewang bergerak di bidang usaha penangkapan ikan dan pengolahan serta pemasaran dengan omzet usaha rata-rata Rp1,6 miliar setiap tahun. Sedangkan KUB Cikanos Food Kota Kendari bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan dan pemasaran dengan omzet Rp1,5 miliar dan KUB Mentari Jaya yang bergerak pada usaha penangkapan ikan memiliki omzet rata-rata Rp3,5 miliar setiap tahun.

Kepala Pusat Penyuluhan Perikanan Kementerian KP DR Ir Rini, MSi mengemukakan bahwa lomba ini memberikan manfaat yang cukup besar dalam mengangkat nama dan motivasi penyuluh serta membangun semangat kompetisi yang sehat antarkelompok pelaku usaha dalam miningkatkan skala usaha dan pengorganisasian kelompok mereka.

Para pemenang lomba di tingkat regional mendapatkan hadiah berupa peralatan teknologi yang membantu penyuluh dan kelompok usaha dalam memajukan usahanya sedangkan lomba di tingkat nasional, para pemenang mendapatkan bantuan modal usaha.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Dinas KP Sulteng Agus Sudaryanto mengaku bangga atas penunjukkan PPI Donggala sebagai tuan rumah penyelenggaraan temu wicara kelompok nelayan se-Sulawesi dan lomba Gempita 2014 karena akan semakin mengharumkan nama PPI Donggala di pentas nasional.

PPI Donggala merupakan salah satu dari sedikit PPI di Indonesia yang pernah menerima penghargaan sebagai institusi pemberi pelayanan terbaik tingkat nasional dan juga juara I lomba kebersihan pelabuhan perikanan tingkat nasional tahun 2012. (R007)