Partisipasi pemilih di Sigi lampaui target nasional

id KPU Sigi,pilkada sigi,kabupaten sigi,pilgub sulteng,hairil

Partisipasi pemilih di Sigi lampaui target nasional

Ketua KPU Kabupaten Sigi, Hairil (ANTARA/HO-KPU Sigi)

Iya, tingkat partisipasi masyarakat/pemilih di atas angka nasional
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan tingkat partisipasi masyarakat/pemilih di pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng di daerah tersebut melampaui target nasional.

"Iya, tingkat partisipasi masyarakat/pemilih di atas angka nasional," kata Ketua KPU Kabupaten Sigi, Hairil, di Sigi, Jumat.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Sigi, kata Hairil, tingkat partisipasi pemilih/warga di pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi mencapai 81,05 persen, dan pemilih gubernur dan wakil gubernur Sulteng mencapai 81,16 persen, sementara target partisipasi nasional 77,05 persen.

Baca juga: Warga transmigrasi Desa Lembantongoa Sigi antusias mencoblos

Di Kabupaten Sigi, kata Hairil, jumlah pengguna hak pilih dalam DPT untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng mencapai 138.772. Kemudian jumlah pemilih yang pindah memilih yang menggunakan hak pilih sebesar 533 pemilih, dan jumlah pemilih tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilih dengan KTP sebanyak 3.548 orang, serta jumlah pemilih disabilitas yang menggunakan hak pilih 437.

Mengenai perolehan suara, kata Hairil,untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng pasangan nomor urut 1 Mohammad Hidayat Lamakarate berpasangan dengan Bartholemeus Tandigala memperoleh 63.655 suara, sementara pasangan nomor urut 2 Rusdi Mastura berpasangan dengan Ma'mun Amir memperoleh 75.551 suara.

Baca juga: Partisipasi pemilih Pilgub Sulteng 70,9 persen

Sementara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi, pasangan nomor urut 1 Mohammad Irwan Lapatta berpasangan dengan Samuel Y Pongi memperoleh 77.376 suara, sementara pasangan nomor urut 2 Husen Habibu berpasangan dengan Paulina memperoleh 61.786 suara.

Untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi, jumlah suara sah berjumlah 139.162 dan suara tidak sah 3.401, sehingga total suara sah dan tidak sah keseluruhan berjumlah 142.563, sedangkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 171.926.

Untuk Pilkada Kabupaten Sigi, KPU Sigi telah menetapkan pasangan nomor urut 1 Mohammad Irwan Lapatta berpasangan dengan Samuel Y Pongi sebagai pemenang. Penetapan itu tertuang dalam keputusan KPU Sigi nomor 450/PL.02.6-KPP/7210/KPU-KAB/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi tahun 2020, yang ditetapkan pada Kamis, 17 Desember 2020.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Sigi yang telah bersedia untuk berpartisipasi untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilih pada pemungutan suara 9 Desember 2020 kemarin," ujarnya.