Polda Sulteng salur ribuan liter air bersih tiap hari bantu korban gempa Sulbar

id Penanggulangan, bencana, sulbar

Polda Sulteng salur ribuan liter air bersih tiap hari bantu korban gempa Sulbar

Mobil Water Treitmen Satuan Brimob Polda Sulteng, saat menyalur air siap minum kepada masyarakat korban gempa di Sulawesi Barat, di Mamuju, Sabtu (30/1/2021).ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng.

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyalurkan ribuan liter air bersih setiap hari membantu para korban bencana alam gempa bumi di Sulawesi Barat.



“Keberadaan mobil Water Treitmen yang dikirim Satuan Brimob Polda Sulteng di lokasi gempa bumi Sulbar, benar-benar dirasakan masyarakat manfaatnya, karena setiap hari bisa suplai air siap minum 1500 liter,” kata Kasubbid Penmas Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, di Palu, Sabtu.



Ia mengatakan Mobil Water Treitman Polda Sulteng memiliki kapasitas tangki 3.000 liter, yang diproses untuk menjadi air yang siap minum lebih kurang 750 liter.



“Dalam sehari mampu menyalur air siap minum 1.500 liter atau dua kali proses penyulingan dari mobil Water Treitmen,” jelasnya.



Ia mengatakan mobil disiagakan di belakang Polda Sulbar, namun rutin melayani suplai air di posko-posko pengungsian.



“Kebutuhan air bersih terlebih yang siap minum sangat dibutuhkan masyarakat Mamuju Sulawesi Barat yang tinggal di tenda-tenda pengungsian,” jelasnya.



Ia menjelaskan, mobil tersebut memang difungsikan untuk menyiapkan air bersih yang siap minum baik untuk anggota Polri maupun masyarakat korban gempa.



“Ipda Kusairi selaku komandan tim Satbrimob Polda Sulteng BKO Polda Sulbar mengatakan keberadaan mobil Water Treitmen dari pengakuan masyarakat sangat terbantu karena kebutuhan air bersih sangat dibutuhkan mereka yang tinggal di pengungsian,” tandasnya.