30 Kamar Mandi Portable Di Lokasi Sail Tomini

id Parigi Moutong

30 Kamar Mandi Portable Di Lokasi Sail Tomini

Sejumlah pekerja sedang memasang paving block pada pelataran lokasi acara puncak Sail Tomini di Pantai Kayubura, Selasa. (antarasulteng.com/rolex malaha)

Wabub Parimo minta masalah penyediaan air bersih ditangani secara serius.
Parigi (antarasulteng.com) - Sejumlah persiapan terus dilakukan menjelang pelaksanaan pekan budaya dan pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah memeriahkan Sail Tomini 19 September 2015 mendatang.

Sekretaris Dinas PU Kabupaten Parimo H Haris mengatakan, Rabu, untuk kebutuhan peserta pekan budaya Sail Tomini, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 30 kamar mandi dan wc jenis portable atau bongkar pasang di dusun Kayu Bura, Kecamatan Parigi Tengah. Saat ini kamar mandi tersebut sedang dirakit di show room Dinas PU dan akan berfungsi mulai September.

Khusus untuk air bersih, saat ini kata Haris masih dalam proses pembangunan. Pihaknya belum bisa memastikan kapan pekerjaan penyambungan pipa itu bisa selesai.

Terkait hal itu, Wakil Bupati Parimo H Badrun Nggai yang memimpin rapat tersebut meminta Dinas PU memantau pekerjaan penyambungan pipa tersebut.

"Masalah air ini paling vital, jadi Dinas PU harus kontrol ketat sudah sampai dimana penyambungan pipa air itu. Waktu kita tidak banyak lagi," kata Badrun.

Wabup meminta seluruh panitia yang terlibat dalam pekan budaya tersebut agar melaksanakan tugasnya sesuai bidangnya masing masing. Ada beberapa item yang perlu disiapkan terutama kesiapan penyambutan adat Gubernur Sulawesi Tengah, akomodasi dan transportasi untuk semua tamu kontingen kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tengah dan juga beberapa sarana pendukung lainnya termasuk listrik, keamanan dari pihak Kepolisian, TNI dan Tim medis.

Wabup meminta seluruh panitia melaporkan kendala yang ditemui di lapangan untuk diketahui dan secepatnya dicarikan solusi demi suksesnya pelaksanaan kegiatan pekan budaya pariwisata di Kabupaten Parimo.

"Yang perlu diperjelas juga adalah akomodasi bagi para kontingen dari kabupaten kota di Sulawesi Tengah," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulteng Hj. Siti Norma Mardjanu SH MSi MH mengatakan ada beberapa rangkaian awal kegiatan yang dilakukan pada acara pekan budaya ialah diawali dengan upacara adat di lokasi Sail Tomini pada tanggal 7 September.

Acara adat ini akan dilaksanakan lembaga adat Kabupaten Parimo, selanjutnya, pada 12 september dilaksanakan karnaval atau Pawai Budaya Pariwisata se-provinsi sulteng dan juga kegiatan tambahan lainnya yang sudah dijadwalkan. Sesuai jadwal, pembukaan pekan budaya dilaksanakan pada tanggal 13 september hingga 16 September mendatang. (bil/R007)