Pemkab Sigi jamin ketersediaan air bersih di huntap Pombewe

id Huntap, air bersih, Sigi, Pombewe, Bupati Sigi, Moh Irwan, Wamen PUPR, John Wempi, Sulteng, rehab-rekon

Pemkab Sigi  jamin ketersediaan air bersih di huntap Pombewe

Wamen PUPR John Wempi Wetimpo (kanan), Bupati Sigi Moh Irwan (tengah), Satgas PUPR Arie Setiadi (kiri), meninjau pengaliran pipa dan ketersediaan air bersih di hunian tetap Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Kamis (6/1/2022). ANTARA/HO-Humas Sigi

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menjamin ketersediaan air bersih di hunian tetap (huntap) korban bencana di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru.
 
Bupati Sigi Moh Irwan di Sigi, Jumat, menegaskan jaminan ketersediaan pasokan air bersih bagi warga di hunian tersebut seiring dengan dilakukan pembangunan sumur bor yang diproyeksikan selesai pada 2023.

"Ini adalah kolaborasi yang kuat dengan semua pihak, pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat lewat Satgas PUPR juga Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS)," ujar dia.
 
Meskipun saat ini penyediaan air bersih masih berlangsung secara manual, katanya, tahun depan dipastikan lebih baik dan lancar sehingga warga tidak perlu lagi khawatir kekurangan pasokan air.
 
Ia juga menyatakan kesiapan memfasilitasi dan membantu warga Kota Palu yang tidak mendapatkan huntap, akibat adanya klaim atas lahan huntap Tondo II yang hingga saat ini belum juga terselesaikan.
 
"Dengan rencana huntap Pombewe yang akan jadi alternatif relokasi, kami juga akan ikut mempersiapkan berbagai hal lainnya," katanya.
 
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetimpo menambahkan sumber air bersih digunakan di huntap Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggal berbeda-beda.

Huntap di Desa Pombewe misalnya yang dibangun sebanyak 1.500 unit menggunakan sumber air baku dari Sungai Paneki dengan kapasitas 25 liter per detik, sedangkan bagi kebutuhan sejumlah lokasi huntap lainnya diambil dari Sungai Saluki Sigi dengan debit 600 liter per detik.
 
"Kesuksesan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Palu, Sigi, dan Donggala ikut ditentukan pada masing-masing pemerintah maupun warga setempat," ujarnya.
 
Oleh karena itu, ia mengharapkan kolaborasi serta komunikasi yang sudah terbangun agar terus dijaga dengan baik.

Wamen PUPR John melakukan peninjauan huntap Pombewe bersama Satgas PUPR, BWSS, serta Bupati Sigi pada Kamis, melihat ketersediaan air bersih bagian dari rangkaian kunjungan kerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Palu.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022