Pemkab Morut gandeng PT Astra Agro gelar lomba karya tulis pariwisata

id Morut

Pemkab Morut gandeng PT Astra Agro gelar lomba karya tulis pariwisata

Bupati Morut Delis J. Hehi memaparkan programnya mengembangkan sektor pariwisata kepada para jurnalis di Kolonodale, Kamis (15/9/2022). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morowali Utara (Morut) menggandeng PT Astra Agro Lestari Group untuk mempromosikan obyek wisata di daerah ini melalui lomba karya tulis jurnalistik dan video/vlogger.

Untuk memulai kolaborasi itu, Dinas Pariwisata Morut dan Astra Group menggelar acara bincang-bincang wisata dan pelatihan teknis menulis feature dan foto, yang dibuka Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi di Hotel Bougenvile Kolonodale, Kamis (15/9).

Acara bincang pariwisata dalam rangka lomba tulis pariwisata itu diikuti 51 orang jurnalis dari Kabupaten Morut dan Morowali dengan thema: 'Mari viralkan keunggulan pariwisata Morowali Utara.'

Lomba tulis yang akan mengangkat berbagai obyek wisata alam di Morut tersebut tidak hanya diikuti para jurnalis, tetapi juga putra-putri wisata Morut, pemandu wisata dan para pelaku wisata lainnya.

Bincang-bincang wisata ini juga diisi dengan pembekalan teknis menulis dan fotografi kepada para jurnalis dan peserta lomba yang menampilkan pembicara yakni Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Morut Gatot S. Eko Budianto serta tiga jurnalis senior yakni Rolex Malaha dan Tasman Banto (jurnalis tulis) dan Moh. Basri  (jurnalis foto).

Setelah bincang-bincang dan pembekalan teknis menulis dan foto, para peserta diajak mengunjungi beberapa obyek wisata alam di Teluk Tomori seperti Pulau Teletabis, batu payung, tapak tangan raja dan obyek wisata alam mangrove di Desa Koya.

"Luar biasa indahnya obyek wisata di Teluk Tomori ini, kalau mendapat sentuhan yang lebih maksimal, terutama dari sisi sarana dan fasilitas di lokasi wisata," kata Tasman Banto, Pemimpin Redaksi Harian Mercusuar Group Palu itu.

Sedangkan Bupati Morut Delis J. Hehi saat memberikan pengarahan dan berdialog dengan jurnalis mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki master plan pengembangan wisata Teluk Tomori yang pelaksanaannya telah dimulai 2022.

"Kami mengalokasikan dana Rp1 miliar pada 2022 untuk membangun sarana dan fasilitas di Pulau Teletabis. Jumlahnya masih terbatas, namun akan berkelanjutan sesuai master plan yang sudah ada," ujarnya.

Namun demikian, kata Delis, dana pengembangan pariwisata ini tidak hanya terdapat di Dinas Pariwisata saja, tetapi juga di dinas lain seperti Dinas PU yang mengerjakan akses jalan ke lokasi obyek wisata, Dinas Perhubungan yang menyediakan sarana transportasi serta dinas-dinas terkait lainnya seperti Perikanan, Pembangunan Masyarakat Desa dan Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UMKM.

Sementara itu Staf Humas PT. Astra Agro Lestari Prasetyo menjelaskan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan ekspor minyak CPO itu tertarik membantu Pemkab Morut mempromosikan pariwisata karena sektor pariwisata sangat potensial dan telah memiliki rencana pengembangan yang jelas.

"Kita akan membantu viralisasi obyek wisata di Morut lewat tulisan para jurnalis. Semua peserta lomba ini nantinya akan menyiarkan tulisan dan foto-foto hasil liputannya terkait obyek wisata Morut dan akan dinilai tim juri untuk diberi hadiah," ujar Edo, panggilan akrab Prasetyo.

Total hadiah bernilai Rp15 juta yang akan terdiri atas pemenang I, II dan III serta tiga hadiah harapan. 

Pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada puncak peringatan HUT Kabupaten Morowali Utara pada 23 Oktober 2022.