Kemenkominfo mencatat 564 siaran TV digital di Indonesia

id Set top box,Siaran tv digital,Analog Switch Off

Kemenkominfo mencatat 564 siaran TV digital di Indonesia

Tangkapan layar saat Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia memberikan paparan dalam webinar bertajuk "ASO's Dream: Unfinished Yet", Senin (23/1/2023) malam. (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika Geryantika Kurnia mengatakan saat ini setidaknya sudah sebanyak 564 siaran TV digital di Indonesia.

"Program siaran atau siaran TV analog jumlahnya ada 695 siaran TV analog. Nah, yang sudah digital itu 564 ya," ujar Gery dalam webinar, Senin (23/1) malam.

Gery menjelaskan sebanyak 500 diantaranya telah siaran secara full digital, sedangkan 64 lainnya melakukan siaran TV digital secara simulcast. Adapun simulcast adalah proses penyiaran TV digital tanpa mengakhiri siaran TV analog.

dengan demikian, kata Gery, hanya tersisa sedikit siaran TV yang masih dilakukan secara analog. Siaran tersebut umumnya adalah siaran TV lokal, komunitas, dan milik pemerintah daerah.


"Tapi intinya mereka tidak ada isu juga untuk pindah ke digital. Dari hasil identifikasi, mereka akan pindah siaran TV digital, cuma masih menunggu kapan analog switch off-nya," ucap Gery.

Lebih lanjut, Gery mengatakan bahwa analog switch off di seluruh Indonesia bisa dilakukan lebih cepat asalkan distribusi set top box untuk keluarga miskin bisa segera rampung.

Diketahui, sebanyak 5,6 juta rumah tangga miskin di Indonesia akan mendapatkan bantuan set top box gratis.

Sebanyak 1,3 juta set top box akan dibagikan oleh pemerintah, sedangkan 4,3 juta lainnya akan didistribusikan oleh lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital.

Saat ini, pemerintah telah menyalurkan sekitar 1,2 juta set top box untuk keluarga miskin, sementara penyelenggara multipleksing baru membagikan sekitar 300 ribu set top box.

Gery pun mempertanyakan komitmen para penyelenggara multipleksing untuk menuntaskan tugas mereka membagikan set top box kepada keluarga miskin di Tanah Air.

"Besok (ASO) dimatikan di seluruh Indonesia tidak ada isu, tapi janji tidak komitmen set top box yang 4 juta dari swasta tetap dibagikan? Jangan kabur, 4 juta tidak dibagikan ini zalim kepada keluarga miskin," kata dia.

Perangkat set top box berfungsi mengubah transmisi digital agar dapat ditangkap dan diubah menjadi gambar dan suara pada pesawat televisi analog. Sementara bagi masyarakat yang sudah menggunakan pesawat televisi digital, tidak perlu menambahkan perangkat tersebut.




 
Pewarta :
Editor : Andilala
COPYRIGHT © ANTARA 2023