Pemerintah Kabupaten Sigi harap Kementerian PPPA bantu warga Huntap Pombewe

id Huntap Pombewe,Pemkab Sigi,Wabup Sigi,Samuel Pongi,Kementerian PPPA,Pemenuhan Hak Anak

Pemerintah Kabupaten Sigi harap Kementerian PPPA bantu warga Huntap Pombewe

Menteri PPPA Ayu Bintang Darmawati didampingi Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi berkunjung ke lokasi Huntap Pombewe dan berdialog dengan warga setempat, di Sigi, Jumat (9/6/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) membantu memenuhi kebutuhan warga penyintas gempa dan likuefaksi yang menempati hunian tetap (Huntap) Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

"Utamanya kebutuhan terkait dengan pemenuhan hak anak dan pemberdayaan ekonomi warga," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Jumat.

Wakil Bupati Sigi mendampingi Menteri PPPA Ayu Bintang Darmawati melaksanakan kunjungan kerja ke Huntap Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Kepada Menteri PPPA, Wakil Bupati mengemukakan bahwa warga penyintas gempa dan likuefaksi yang menempati Huntap Pombewe merupakan warga korban bencana alam 2018 yang direlokasi dari beberapa wilayah di Kabupaten Sigi.



Problemnya adalah, kata dia, tidak ada sarana dan infrastruktur pendidikan berupa sekolah dasar dan PAUD di lokasi relokasi Huntap Pombewe. Maka, anak-anak di Huntap Pombewe harus menempuh jarak yang jauh kembali ke desa mereka, agar bisa mengenyam pendidikan.

"Padahal dalam site pland pembangunan, kami usulkan beberapa infrastruktur di antaranya sekolah, namun hingga saat ini tidak dibangun," ujarnya.

Pemkab Sigi, kata dia, menyiapkan lahan 100 hektare lebih untuk pembangunan hunian tetap beserta fasilitas pendukungnya, dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi percepatan pemulihan dampak gempa dan likuefaksi Sigi.

Namun, hingga yang terbangun hanyalah hunian tetap yang berjumlah kurang lebih 1.500 unit, ditunjang oleh jalan, RTH, drainase dan sarana pemenuhan kebutuhan air.

"Di sini kurang lebih terdapat sebanyak 1.000 anak, yang harus keluar dari lokasi huntap menempuh jarak yang jauh untuk bersekolah," ungkapnya.

Di samping sarana dan infrastruktur pendidikan, di lokasi Huntap Pombewe juga belum disediakan sarana dan infrastruktur kesehatan berupa posyandu, sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa ruang UMKM serta ruang bermain ramah anak.

"Sehingga sangat diharapkan kehadiran Kementerian PPPA di Huntap Pombewe, dapat membantu mendorong pemenuhan kebutuhan tersebut," katanya.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Sigi akan segera membuat surat dan proposal untuk dikirim ke Kementerian PPPA dan Kementerian PUPR agar dapat membantu pemenuhan hak anak, khususnya penyediaan sarana pendidikan, ruang bermain ramah anak, posyandu, di lokasi Huntap Pombewe.

"Sesuai dengan permintaan Menteri PPPA dan pejabat Kementerian PUPR, maka kami akan segera menindaklanjutinya," ucap Samuel.*


 
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di lokasi Huntap Pombewe, di Sigi, Jumat (9/6/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)