Bupati ajak para pihak bekerja sama bangun Banggai Kepulauan

id Ihsan Basir,pemkab bangkep ,hut bangkep,kemiskinan bangkep,hut 24 bangkep

Bupati ajak para pihak bekerja sama bangun Banggai Kepulauan

Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan menggelar upacara peringatan HUT 24 Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2023. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep)

Bangkep, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir mengajak para pihak di daerah itu yang terdiri dari komponen masyarakat, pemerintah, pelaku usaha, untuk bekerja sama membangun Banggai Kepulauan yang lebih baik di masa mendatang.

"Percepatan pembangunan daerah ini membutuhkan keterlibatan semua pihak, untuk itu marilah kita bekerja sama membangun Banggai Kepulauan yang lebih baik di masa mendatang," kata Ihsan Basir, di Banggai Kepulauan, Ahad, terkait dengan HUT Ke-24 Tahun Banggai Kepulauan.

Pemkab Bangkep mengusung tema "Mai Pomenggon Noa, Kinendeke Lipu Peling" pada peringatan HUT 24 Tahun Kabupaten Banggai Kepulauan. Tema tersebut dalam Bahasa Indonesia mengandung makna "mari satukan hati, memperbaiki daerah".

Tema tersebut, menurut Ihsan Basir, merupakan representatif upaya pemerintah merangkul semua komponen dan elemen masyarakat, untuk bersama - sama membangun daerah.

Kata Ihsan Basir, Kabupaten Banggai kepulauan telah berusia 24 tahun, yang dalam pertumbuhan manusia merupakan kategori masuk usia dewasa. Oleh karena itu, ujar dia, semua pihak harus berbesar hati dan membuka hati, untuk saling bekerja sama membangun daerah yang dicintai ini.

"Kami memulai dengan menyentuh hati masyarakat, sehingga model kepemimpinan yang kami terapkan adalah sosial humanis dan people management," ungkapnya.

Ihsan Basir mengemukakan masih banyak tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam membangun daerah. Tantangan itu di antaranya mengenai kemiskinan daerah. Berdasarkan data Pemkab Banggai Kepulauan bahwa tahun 2021 sebanyak 16.330 keluarga atau 13,72 persen tercatat sebagai warga miskin.

Perekonomian Kabupaten Banggai Kepulauan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, 2018-2021, berdasarkan data pemerintah setempat mengalami penurunan. Ekonomi Kabupaten Bangkep tahun 2018 berada 4,11 persen, turun menjadi 4,02 persen pada 2019, kemudian turun lagi menjadi minus 2,98 persen tahun 2020, dan naik menjadi 5,07 pada tahun 2021.

Kondisi itu, berdampak langsung pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banggai Kepulauan yang berada di angka 65,61, berada di bawah IPM Provinsi Sulteng di angka 69,79.

"Untuk mengatasi tantangan ini, kita harus bekerja sama. Namun, kita akan sulit bekerja sama bila hati kita tertutup. Maka, marilah kita semua satukan hati bangun daerah," imbuhnya.

Ihsan Basir juga berharap peringatan hari jadi Kabupaten Banggai Kepulauan ini bukan hanya sekedar acara seremonial, akan tetapi peringatan seperti ini merupakan momentum bagi kita untuk mengenang lembaran sejarah 24 tahun Kabupaten Banggai Kepulauan.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para tokoh pejuang Kabupaten Banggai Kepulauan dan kepada para mantan pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Banggai Kepulauan," kata Ihsan Basir.