PLN UP3-Palu percepat bangun infrastruktur kelistrikan Poso dan Morut

id Kelistrikan, jaringan listrik, pasokan listrik, UP3 Palu, Yanuar, PLN, Poso, Morut, Sulteng

PLN UP3-Palu percepat bangun infrastruktur kelistrikan Poso dan Morut

Ilustrasi - Pekerja mengganti kabel pada menara Saluran Udara Tegangan Menengah. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/ama.)

Palu (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu melakukan percepatan pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Morowali Utara (Morut) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik terhadap masyarakat.
 
"Salah satu langkah kami lakukan saat ini, berkoordinasi dengan Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu guna memastikan kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan," kata Manager UP3 Palu Yanuar di Palu, Selasa.
 
Ia menjelaskan, pekerjaan infrastruktur kelistrikan dilakukan pihaknya yakni pemasangan tiang listrik yang akan memakai fasilitas atau ruang milik jalan, sehingga perlu dikoordinasikan supaya ke depan tidak menimbulkan masalah.
 
Oleh sebab itu UP3 Palu mengaku pihaknya sangat menjunjung tinggi kepatuhan terhadap peraturan yang mengatur tata kelola ruang publik, kemudian memastikan bahwa setiap pemasangan infrastruktur kelistrikan tidak mengganggu pengguna jalan atau menimbulkan permasalahan di kemudian hari.
 
"Penguatan pasokan ketenagalistrikan kepada pelanggan tidak akan maksimal bila tidak ditunjang dengan infrastruktur kelistrikan yang memadai," ujarnya.
 
Ia mengemukakan, sasaran pembangunan jaringan kelistrikan tersebut di sepanjang ruas jalan Tohulu-Tentena-Taripa Sulawesi Tengah.
 
Saat ini pihak PLN dan BPJN XIV Palu sedang melaksanakan survei bersama mengenai tata letak pemasangan tiang listrik supaya terlihat rapi dan yang paling utama tidak melanggar ketentuan aturan.
 
"Pengurusan izinnya paralel dengan pelaksanaan pekerjaan ini, jika ada aset PLN berada di ruang milik jalan maka kami akan pindahkan secara bertahap, tentunya proses ini perlu waktu. Harapan kami masyarakat dan pemerintah memahami kondisi tersebut dan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar di luar" kata Yanuar menuturkan.
 
PLN memastikan bahwa vendor yang terlibat dalam pekerjaan infrastruktur kelistrikan telah memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku, apabila terjadi ketidaksesuaian dalam pelaksanaan di lapangan, seperti jarak tiang yang tidak mematuhi regulasi ruang milik jalan atau prosedur teknis, maka PLN segera melakukan evaluasi dan mengambil langkah perbaikan yang diperlukan.
 
Selain itu UP3 Palu juga berkomitmen menjaga keselamatan dan kenyamanan petugas lapangan dalam setiap pemasangan infrastruktur kelistrikan.
 
"Kami berharap masyarakat dapat memahami bahwa langkah ini diambil demi kepentingan bersama, untuk memberikan layanan listrik yang handal dan aman bagi seluruh warga Sulawesi Tengah," kata dia menambahkan.