Masyarakat Poso shalat Idul Adha di lapangan sesuai protokol COVID-19

id muslim-poso

Masyarakat Poso  shalat Idul Adha di lapangan sesuai protokol COVID-19

Masyarakat muslim melaksanakan shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Lapangan Alun-Alun Sintuwu Maroso, Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (31/7/2020). (ANTARA/Feri Timparosa)

Poso, Sulteng (ANTARA) - Masyaakat muslim di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, melaksanakan shalat Idul Adha 1441 Hijriah secara berjamaah yang dipusatkan di Lapangan Alun-Alun Sintuwu Maroso, Kecamatan Poso Kota, dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Sholat Idul Adha tahun ini dilaksanakan sesuai protokol Covid-19, di mana shaf jamaah diatur berjarak, terlebih dahulu kedua tangan jamaah disemprot dengan hand sainitizer oleh panitia PHBI dan pakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata Ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Poso. Admajaya Mardjun di Poso, Jumat.

Ia menyampaikan pelaksanaan shalat Idul Adha di daerah itu dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut sesuai surati edaran Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Gubernur Sulteng dan Gugus Tugas Covid-19 Poso dalam pencegahan Covid-19.

Admajaya juga mengimbau jamaah agar usai sholat Ied tidak diperbolehkan saling berjabat tangan maupun saling berpelukan.

"Poso kan zona hijau sehingga kami bisa melaksanakan sholat Ied hari ini. Meskipun demikan kami imbau jamaah agar tidak berjabatan tangan atau berpelukan usai sholat Ied untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," ucap Admajaya di hadapan ribuan umat Islam yang melekasanakan shalat Id dengan khusyu.

Sholat Idul Adha di lapangan Alun-Alun Sintuwu Maroso itu bertindak sebagai imam Drs. Syahrir, MPdI dan Khotib adalah Kejari Poso Lapatewe Hamkah, turut ikut shalat berjamaah Wakil Bupati Poso, Syamsuri, Kapolres Poso, Ketua MUI Poso..Usai sholat Ied dilanjutkan penyerahan hewan qurban oleh Pemda Poso ke PHBI Poso.