Kapolri minta layanan Lantas Polri beralih ke sistem digital

id Kapolri jendera Listyo Sigit Prabowo, polri yang presisi,Rakernis fungsi lantas, digitalisasi layanan lantas polri

Kapolri minta layanan Lantas Polri beralih ke sistem digital

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers dalam acara Rakernis Fungsi Lantas Polri di Serpong, Banten, Rabu (10-3-2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Ini (digitalisasi layanan, red.) tentunya menjadi satu capaian yang saya harapkan bisa diselesaikan dalam waktu 100 hari sehingga masyarakat betul-betul bisa merasakan pelayanan kepolisian dengan mengandalkan teknologi informasi
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta Korlantas Polri bertransformasi dalam memberikan layanan lalu lintas dengan beralih menggunakan sistem digital guna memudahkan masyarakat serta menghindari penyalahgunaan wewenang polantas.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas Tahun 2021 di Pusdiklantas, Serpong, Tangerang Selatan,  Banten, Rabu.

"Ini (digitalisasi layanan, red.) tentunya menjadi satu capaian yang saya harapkan bisa diselesaikan dalam waktu 100 hari sehingga masyarakat betul-betul bisa merasakan pelayanan kepolisian dengan mengandalkan teknologi informasi," kata Sigit.

Menurut Sigit, penggunaan sistem digital akan membuat masyarakat mudah dan cepat dalam mengakses layanan Korlantas. Selain itu, masyarakat akan nyaman karena tidak perlu hadir ke kantor polisi.

Beberapa layanan lantas menggunakan digitalisasi, seperti membuat SIM, surat tanda nomor kendaraan (STNK), dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

"Dengan menggunakan aplikasi ini, bisa dilaksanakan online, bagaimana membuat SIM, STNK, BPKB dengan menggunakan teknologi informasi sehingga masyarakat tidak perlu hadir, cukup dengan menggunakan aplikasi. Setelah selesai, akan dikirim by delivery system," kata Sigit.

Jenderal bintang empat ini meminta jajaran polantas harus mampu melakukan transformasi yang presisi, baik dalam organisasi, operasional, pelayanan publik, pengawasan, maupun memaksimalkan teknologi agar pelayanan untuk masyarakat maksimal.

"Saya minta kepada lantas mempunyai performa yang bagus dan hal-hal yang berisiko diganti dengan teknologi dan tugas difokuskan pada pengaturan lantas, mengurai kemacetan," ujar Sigit.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono mengatakan Korlantas Polri tengah menyiapkan empat program unggulan pada 100 hari kerja Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Program-program itu akan diwujudkan dalam bentuk kontrol untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami bekerja keras untuk wujudkan ini secara cepat pada program 100 hari. Mudah-mudahan bisa tercapai 100 persen. Itu program-program unggulan. Masyarakat bisa lihat layanan Polri yang lebih baik," tuturnya.

Dalam Rakernis Fungsi Lantas, Kapolri mengapresiasi jajaran lantas atas kerja keras dan pengabdian dalam menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di tengah pandemi COVID-19.

Dalam acara tersebut Kapolri didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono, dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Rakernis dihadiri seluruh jajaran dirlantas polda se-Indonesia dan ditayangkan secara virtual yang diikuti oleh jajaran satlantas polres se-Indonesia.