Pemprov Sulteng apresiasi RRI gelar Festival Pelajar Nusantara 2022

id Fpn-rri,Fpn,Festival Pelajar Nusantara

Pemprov Sulteng  apresiasi RRI gelar Festival Pelajar Nusantara 2022

Kepala Dispora Provinsi Sulteng Irvan Aryanto yang mewakili Gubernur Sulteng memberikan sambutan pada pembukaan acara FPN 2022 di pelataran Kantor LPP RRI Palu, Minggu (23/10/2022). ANTARA/La Ode Masrafi

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat memberikan apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu dalam menyelenggarakan Festival Pelajar Nusantara (FPN) yang berlangsung mulai 23-28 Oktober tahun 2022.

"Kami sangat apresiasi kegiatan Festival Pelajar Nusantara yang dilaksanakan LPP RRI. Kami berharap iven ini bisa terlaksana rutin setiap tahun dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sulawesi Tengah," kata Kepala Dispora Provinsi Sulteng Irvan Aryanto yang mewakili Gubernur Sulteng pada pembukaan acara FPN 2022 di pelataran Kantor LPP RRI Palu, Minggu.

Menurut Aryanto, kegiatan FPN yang melibatkan sekitar 100-an lebih pelajar dari berbagai sekolah menengah atas dan sekolah menengah (SMA/SMK) se-Kota Palu itu, baik sebagai panitia penyelenggara maupun peserta lomba dalam kegiatan tersebut sangat positif untuk menumbuhkan kreativitas dan membangun motivasi generasi muda sebagai penerus pemimpin di masa depan.

"Iven seperti ini baru pertama kali dengan melibatkan para pelajar SMA/SMK yang ada di Kota Palu, tidak hanya menjadi peserta, tapi juga sebagai panitia penyelenggara festival ini, dan LPP RRI hanya menyediakan fasilitas dan anggaran. Oleh karena itu kegiatan ini ke depan bisa diperluas dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sulteng," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan FPN ini sangat penting dan menjadi tanggung bersama dari seluruh pihak untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada pelajar sebagai generasi muda agar mereka bisa menumbuhkan kreatif yang positif dan bisa terhindar dari hal-hal negatif.

"Sebagai contoh dalam kurun lima tahun terakhir ini aksi tawuran para pelajar berkurang. Ini karena banyaknya kegiatan positif melibatkan pelajar untuk berkreasi seperti olahraga dan berbagai even lain di Sulteng," ujarnya.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Hardi memberikan sambutan pada pembukaan acara FPN 2022 di pelataran Kantor LPP RRI Palu, Minggu (23/10/2022). ANTARA/La Ode Masrafi


Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi bahwa iven FPN dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022, dengan berbagai kegiatan lomba yang diikuti para pelajar SMA/SMK se-Kota Palu itu memiliki nilai strategis untuk membangun semangat generasi muda di daerah ini.

Menurut dia, gebyar Festival Pelajar Nusantara yang diselenggarakan LPP RRI selama satu pekan ini merupakan bagian dari upaya menumbuhkembangkan potensi pelajar sebagai aset generasi pemimpin masa depan.
Kepala LPP RRI Palu Raden Muhammad Yusri Darto (duduk kiri) pada pembukaan acara FPN 2022 di pelataran Kantor LPP RRI Palu, Minggu (23/10/2022). ANTARA/La Ode Masrafi

Kepala LPP RRI Palu Raden Muhammad Yusridarto mengatakan kegiatan FPN dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia hari ini dan dijadwalkan puncak FPN tersebut akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo di Solo pada 28 Oktober 2022 mendatang.

FPN 2022 yang mengusung tagline "Kreatif, Mandiri, dan Bersatu untuk Indonesia Emas" ini untuk memberikan ruang bagi pelajar agar menginspirasi mereka dalam berkarya, sehingga menjadi generasi yang bermartabat dan hebat.

Oleh karena itu, kata dia, LPP RRI juga memberikan kepercayaan kepada para pelajar yang berasal dari berbagai SMA/SMK se-kota Palu menjadi panitia pelaksana FPN untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan acara hari ini, pelaksanaan lomba hingga puncak acara FPN 28 Oktober 2022.

Kegiatan FPN tersebut antara lain meliputi pameran sekolah dan UMKM, lomba peragaan busana, festival band dan tari tradisional serta lomba peraturan baris berbaris (PBB).

Pembukaan acara FPN 2022 di pelataran LPP RRI Palu dimeriahkan dengan kegiatan senam aerobik dan bodycombat, pengundian doorprize dan pembukaan ekspose UMKM.
Suasana kegiatan senam aerobik pada pembukaan acara FPN 2022 di pelataran Kantor LPP RRI Palu, Minggu (23/10/2022). ANTARA/La Ode Masrafi


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sulteng apresiasi RRI gelar Festival Pelajar Nusantara 2022