Pemkab Parigi Moutong pamerkan Durian Montong pada bazar Ramadhan di Jakarta

id Pemkabparimo, dinas koperasi, UMKM, bazar Ramadhan, kementerian koperasi, durian Montong, Sofiana Pandean, Sulteng, Pari

Pemkab Parigi Moutong pamerkan Durian Montong pada bazar Ramadhan di Jakarta

Menteri Koperasi dan UMKM, M Sarbini (kiri) bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana Pandean (kanan) memegang Durian Montong khas daerah itu pada gelaran bazar Ramadhan di Jakarta, Kamis (13/4/2023). ANTARA/HO- Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah memamerkan buah Durian Montong sebagai salah satu komoditas unggulan daerah pada gelaran bazar Ramadhan di selenggarakan Kementerian Koperasi dan UMKM di Jakarta.
 
"Stan pameran kami ramai dikunjungi melihat buah Durian Montong. Komoditas ini menjadi populer pada gelaran bazar Ramadhan," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong Sofiana Pandean dihubungi dari Palu, Kamis.
 
Menurut dia, ramainya pengunjung menandakan bahwa hasil pertanian Parigi Moutong cukup diminati di luar daerah, dan momen ini menjadi kesempatan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mempromosikan Festival Durian se-Asia diselenggarakan di Parigi Moutong pada Mei 2023.
 
Ia mengklaim, daging Durian Montong asal daerahnya lembut dan enak sehingga memiliki kualitas ekspor.

Menurut data pemerintah setempat, bahwa Durian Montong sudah menembus  pasar ekspor, khususnya pasar Asia.
 
Ia menjelaskan, sejak dua hari gelaran bazar Ramadhan dibuka, pengunjung tak henti-hentinya singgah di stan Parigi Moutong, baik hanya sekedar melihat produk unggulan.
 
"Produk yang kami pamerkan laris dibeli pengunjung, khususnya durian Montong. Kami hanya membawa produk ini dalam jumlah terbatas, dengan alasan pengangkutan transportasi ke Jakarta berupa durian utuh dan durian beku dibatasi," ucapnya.
 
Pemkab Parigi Moutong, katanya, mendapat undangan khusus dari Menteri Koperasi dan UMKM, sebab yang mengikuti kegiatan itu hanya menyasar wilayah Jabodetabek.
 
"Kami satu-satunya daerah di luar Jabodetabek ikut berpartisipasi di bazar Ramadhan, dan ini menjadi satu kehormatan bagi kami atas perhatian Kementerian Koperasi dan UMKM," tutur Sofiana.
 
Ia menambahkan, pihaknya pada giat ini membawa ragam produk unggulan UMKM, seperti Durian Montong, dodol durian, bawang goreng, gula semut, gula cair sagu, aneka olahan ikan dan produk olahan lainnya.
 
“Produk-produk kami pamerkan mendapat respon positif Kementerian Koperasi dan UMKM, bapak menteri juga mengaku bangga Kabupaten Parigi Moutong bisa hadir dalam bazar Ramadhan kali ini,” katanya.