Rusdy Mastura: PWD momentum bangun karakter generasi muda

id Gubernur Sulteng ,Perkemahan Wirakarya Daerah 2024,Sulawesi Tengah ,Momentum bangun karakter generasi muda

Rusdy Mastura: PWD momentum bangun karakter generasi muda

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kelima kanan) menghadiri kegiatan PWD 2024 di Kabupaten Sigi, Jumat (16/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mengatakan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) tahun 2024 merupakan momentum untuk membangun karakter generasi muda yang tangguh dan berdaya saing.
 


"Perkemahan ini sebagai momentum untuk mengasah keterampilan, meningkatkan pengetahuan, serta membangun karakter generasi muda yang tangguh dan berdaya saing," kata Rusdy Mastura saat menghadiri kegiatan PWD tahun 2024 di Sigi, Jumat.

 

Ia mengatakan giat ini juga sebagai momentum penting untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kepedulian, dan kemandirian, bagi generasi muda.

 

Perkemahan tersebut diinisiasi oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sulteng dan diikuti Pramuka tingkat Penegak se-Sulteng.

 

Gubernur mengatakan kegiatan pramuka tidak hanya mengajarkan keterampilan dan kebersamaan, tetapi juga nilai-nilai kepemimpinan, disiplin, dan cinta Tanah Air.

 

Pramuka, kata dia, memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda. Menurut Mastura, kegiatan pramuka telah terbukti mampu membentuk generasi muda yang berjiwa pemimpin, disiplin, dan cinta Tanah Air.

 

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan pramuka juga dapat menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.

 

"Pramuka dapat mencetak individu-individu yang tidak hanya berprestasi di bidang akademis, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan," katanya.

 

Oleh karena itu, kata dia, dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menjamin keberlangsungan dan pengembangan kegiatan pramuka di Sulteng. 

 

Ia berharap dukungan tokoh masyarakat dan berbagai pihak dapat terus mengalir dalam rangka meningkatkan kegiatan kepramukaan.

 

"Dengan adanya kolaborasi dan partisipasi aktif dari berbagai pihak dapat memperkuat program-program pramuka yang mendidik dan bermanfaat bagi generasi muda," katanya.