Pemkot-Palu gelar "Palu Berzikir" kenang enam tahun bencana alam

id Zikir, pemkotpalu, sekkotpalu, Irmayanti Petalolo, refleksi bencana, gempa palu, tsunami, likuefaksi, kota Palu, Sulteng

Pemkot-Palu gelar "Palu Berzikir" kenang enam tahun bencana alam

Masyarakat antusias mengikuti kegiatan Palu Berzikir yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palu sebagai bentuk refleksi atas peristiwa bencana alam enam tahun lalu, Sabtu (28/9/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menggelar "Palu Berzikir" mengenang enam tahun peristiwa bencana alam dahsyat gempa, tsunami dan likuefaksi melanda ibu kota Sulawesi Tengah.
 
Zikir Akbar berlangsung di halaman kantor Wali Kota Palu pada Sabtu, sebagai rangkaian dari mengenang peristiwa bencana, yang sejak pagi dilaksanakan zikir di masjid-masjid, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di lokasi bekas likuefaksi dan bekas tsunami.
 
Pelaksana tugas harian (Plh) Wali Kota Palu Irmayanti Petalolo mengemukakan kegiatan ini sebagai bentuk memohon pengampunan dan keselamatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala (SWT).
 
"Peristiwa bencana dahsyat 28 September 2018 yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan sebagian Kabupaten Parigi Moutong adalah kehendak Allah/Tuhan yang Maha Esa. Oleh sebab itu sebagai hamba patut kita memohon perlindungan dan pengampunan," ujarnya.
 
Zikir Akbar juga dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus bagian dari puncak perayaan HUT Ke-46 Kota Palu, yang mana kegiatan ini diisi dengan tausyiah yang dibawakan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu Prof Zainal Abidin.
 
Menurut dia, acara tersebut menjadi momentum untuk merefleksikan peristiwa bencana gempa magnitudo 7,4 itu, bahwasanya manusia dan alam satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
 
"Manusia hanyalah makhluk lemah di hadapan tuhan. Oleh sebab itu mari kita memperbaiki hubungan sosial, mempererat silaturahmi untuk menata kehidupan yang lebih baik ke depan," ucapnya.
 
Sebelum acara zikir, para pejabat Pemkot Palu juga melakukan ziarah ke pemakaman massal korban bencana terletak di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantokulore usai kegiatan tabur bunga di Pantai Talise bekas tsunami dan bekas likuefaksi di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan dan Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat.