KPU Sigi fasilitasi nobar debat publik di setiap kecamatan

id Komisi Pemilihan Umum,KPU Sigi,Kabupaten Sigi,Sulawesi Tengah,Debat Publik

KPU Sigi fasilitasi nobar debat publik di setiap kecamatan

KPU Sigi melaksanakan rapat koordinasi dengan parpol peserta atau gabungan partai politik, pasangan calon dan tim kampanye untuk menyosialisasikan kegiatan persiapan kampanye debat publik terbuka di Kabupaten Sigi, Selasa (22/10/2024). ANTARA/Moh Salam.

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memfasilitasi nonton bareng pelaksanaan debat publik pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 15 kecamatan daerah itu.

"Jadi 15 kecamatan ada nonton bareng yang difasilitasi KPU Sigi sehingga dalam proses pelaksanaan debat publik ini dapat sampai kepada masyarakat di Kabupaten Sigi apa saja visi misi masing-masing paslon," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sigi Suandi Tamrin Bilatullah di Dolo, Selasa.

Ia mengemukakan pelaksanaan debat publik diselenggarakan sebanyak dua kali pada November mendatang.

"Untuk pelaksanaan debat publik terbuka di Kabupaten Sigi dilaksanakan sebanyak dua kali masing-masing ada tujuh panelis dengan pelaksanaan pertama itu tanggal 2 November 2024 pukul 19.30 Wita dan debat kedua pada tanggal 10 November," ucapnya.

Ia menuturkan total panelis yang dilibatkan dalam pelaksanaan debat terbuka di Kabupaten Sigi pada Pilkada 2024 sebanyak 14 orang terdiri dari unsur profesional dan akademisi seperti Untad, UIN dan Unisa.

"Para panelis ini sudah selesai merumuskan desain dan tema debat tersebut," sebutnya.

Dalam ketentuan yang berlaku untuk lama debat publik pada Pilkada serentak 2024 yaitu 180 menit atau 2 jam 30 menit.

"Durasi debat yaitu selama 180 menit sudah termasuk 30 menit iklan," ujarnya.

Ia menegaskan untuk pendukung masing-masing paslon yang dapat masuk ke arena debat dibatasi 50 orang.

"Lokasi tempat debat di Kota Palu tepatnya di Sriti Convention Hall, Kecamatan Palu Barat," bebernya.

Menurutnya untuk teknis pelaksanaan debat di lokasi sepenuhnya diambil alih oleh tim perumus dan panelis.

"Tentunya saat pelaksanaan debat setiap masing-masing paslon akan diberikan ruang yang sama," tuturnya.

Diketahui berdasarkan keputusan KPU Sigi terdapat empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sigi pada Pilkada 2024 yaitu nomor urut satu paslon Moh Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi, dan nomor urut dua paslon Agus Lamakarate dan Semuel Riga.

Selanjutnya untuk nomor urut tiga oleh paslon Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita, serta nomor urut empat paslon Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia.