Pemkot Palu harap Korpri implementasikan revolusi industri 4.0

id Korpri, HUT korpri, Pemkotpalu, wawalipalu, Reny Lamadjido, Sulteng

Pemkot Palu harap Korpri implementasikan revolusi industri 4.0

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido menyampaikan arahannya dalam kegiatan seminar nasional dalam rangkaian HUT ke-51 Korpri tingkat Kota Palu, Kamis (1/12/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengharapkan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) agar mampu mengimplementasikan revolusi industri 4.0 guna meningkatkan kompetensi pegawai di lingkup kerjanya.
 
"Setiap aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki kompetensi untuk menunjang kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat menghadiri seminar nasional dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korpri tingkat Kota Palu, Kamis.
 
Ia mengemukakan Korpri sebagai pelayan publik harus mengimplementasikan pelayanan yang cepat, tepat, dan profesional sebagai upaya  menjawab tuntutan dan harapan dari masyarakat.
 
"Untuk itu dibutuhkan kompetensi seorang aparatur, olehnya itu di era revolusi industri ini perlu tercipta tatanan kinerja yang optimal dengan melakukan inovasi positif," ujarnya.
 
Reny juga menilai tema yang diangkat dalam seminar ini yakni Korpri melayani, berkontribusi, dan berinovasi untuk negeri harus diwujudkan dalam lingkungan kerja yang ditransformasikan melalui teknologi informasi dan komunikasi.
 
"Seminar ini harus dimaknai sebagai upaya untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota Korpri Kota Palu, apalagi saat ini sangat dibutuhkan yang namanya 'smart' ASN," ujar Reny.
 
Menurut dia, sudah waktunya ASN beradaptasi dengan teknologi informasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, akurat, dan efisien.

"Hal ini sejalan dengan salah satu program prioritas Pemkot Palu di bidang reformasi birokrasi sebagai upaya pemerintah daerah memudahkan masyarakat mengakses pelayanan dengan memangkas alur pelayanan yang berbelit," ujarnya.
 
Ia mengemukakan etos kerja menjadi bagian penting di ruang lingkup organisasi perangkat daerah  sehingga anggota Korpri harus mampu menunjukkan kinerja yang baik.

"Dengan kinerja baik tentunya menjadi penilaian bagi kepala daerah untuk diberikan penghargaan," kata Reny.
 
Kegiatan seminar nasional yang diselenggarakan Korpri Kota Palu menghadirkan nara sumber, antara lain Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) Agus Pramusinto, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh.

Selain itu turut hadir Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan dan  Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Muhammad.